Menjaga Buah Pisang Agar Tidak Cepat Busuk

Cara Menjaga Buah Pisang Tetap Segar Dan Beraroma

buah pisang ambon, buah pisang bermanfaat untuk, buah pisang cepat berbuah, vitamin di buah pisang, kandungan di buah pisang, fungsi buah pisang, cara mengawetkan buah pisang, cara menjaga buah pisang agar tidak cepat busuk, menjaga buah pisang agar tetap segar dan beraroma

Hewata.com Anda suka buah pisang, tetapi buah pisang matang dan busuk dengan sangat cepat, Kita semua menyukai buah kaya nutrisi ini yang dikemas dengan potasium dan banyak vitamin dan mineral lainnya. Tetapi fakta yang paling menyedihkan adalah mereka memiliki umur simpan yang pendek. Pada hari Anda membelinya, mereka segar dan keras, dan segera berubah menjadi cokelat dan terkulai. Bagaimana cara menghindarinya? Bagaimana cara membuatnya tetap segar dan beraroma?

1. Periksa sebelum Membeli

Tidak perlu dipikirkan lagi bahwa seperti buah-buahan lain, Anda juga perlu memeriksa pisang dan berikut beberapa petunjuknya.

Belilah pisang yang memiliki ujung kehijauan dan bagian tengahnya kekuningan. Mereka akan bertahan lebih lama.

Pisang yang agak kurang matang akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan yang sudah matang. Jangan membeli pisang yang sudah menguning dan terlalu matang.

Proses pemasakan cepat jika terdapat memar, bercak coklat, flek dan bekas tusukan pada permukaan buah pisang.

2. Hindari Tas Tertutup

Beberapa dari kita memiliki kebiasaan menyimpan buah dan sayur dalam kantong plastik tertutup atau kantong kertas berwarna coklat. Kami melakukan ini untuk melindungi buah dan sayuran dari hama dan penyakit lainnya. Meskipun mungkin efektif untuk beberapa buah dan sayuran, ini tidak baik untuk pisang. Faktanya, menyimpan pisang dalam kemasan tertutup lebih berbahaya daripada baik. Pisang akan matang lebih cepat karena gas etilen tidak akan bisa keluar di sekitarnya.

3. Hindari Paparan Panas

Pisang akan matang lebih cepat saat terkena panas. Pisang yang agak mentah yang dibeli dari pasar harus disimpan dalam suhu ruangan. Ini akan memperlambat proses pematangan.

4. Gunakan Bungkus Plastik

Gas etilen diproduksi secara alami selama proses pematangan pisang atau buah lainnya. Jika Anda membiarkan batangnya tidak tertutup, segera gas ini mencapai bagian lain dari buah, dan mulai matang. Dengan menutup batang di dalam kantong plastik, Anda bisa memperlambat proses pematangan buah.

Tidak ada penelitian atau bukti ilmiah yang memvalidasi gagasan “bagaimana menjaga kesegaran pisang” ini, namun hal ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menutup batang dari seluruh tandan atau menutup batang masing-masing pisang secara khusus setelah memisahkannya . Metode kedua lebih efektif.

5. Pisahkan Buah Pisang

Artinya, Anda harus menjauhkan pisang dari buah dan sayuran lainnya. Alasan dibaliknya adalah ketika buah dan sayuran mulai matang, mereka melepaskan gas etilen yang mempercepat proses pematangan pisang. Anda harus sangat waspada dengan buah atau sayuran yang telah berubah warna menjadi coklat, karena mereka melepaskan lebih banyak etilen.

6. Dinginkan Pisang

Pendinginan akan memperlambat proses pematangan pada pisang. Hal itu terjadi karena reaksi kimia yang menyebabkan pematangan buah pisang melambat di suhu dingin. Jangan merepotkan kulit luar yang berubah menjadi coklat atau hitam karena pisang akan tetap dalam keadaan segar yang sama.

Atau, jika ingin menghindari perubahan warna pada kulit, simpan pisang di dalam kantong plastik lalu taruh di lemari es. Jangan masukkan pisang yang sangat hijau dan masih mentah karena akan tetap dalam kondisi belum matang yang sama karena enzim yang menyebabkan kematangan terbunuh.

7. Bekukan Buah Pisang

Bagaimana Menjaga Pisang Segar dan Beraroma

Pisang yang sudah dikupas akan langsung terpapar udara di sekitarnya tanpa perlindungan apapun. Tetap saja, Anda bisa menjaganya tetap segar dengan membekukannya, yang juga efektif seperti mendinginkan pisang. Yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan pisang yang sudah dikupas ke dalam wadah kedap udara dan meletakkannya di dalam freezer. Keluarkan pisang sebelum memakannya dan diamkan pada suhu kamar selama 1-2 jam. Buah pisang Anda sekarang bisa dimakan

You May Also Like

error: Content is protected !!