Nolina recurvata, “Pony-Tail” yang Unik

Hewata.com. Selain sosoknya unik dan menarik, Nolina sangat cocok untuk dipajang sebagai tanaman hias ruangan. Ia tahan sebulan dalam ruangan, kadang-kadang malah lebih. Menariknya lagi, meski ruangan itu ber-AC, ia tetap tahan.

nolina

Tanaman hias Nolina atau panggilan akrabnya pony-tail amat digemari sebagai salah satu tanaman hias ruangan. Banyak ruang tamu perkantoran dewasa ini dihiasi nolina.

Daya tarik utama tanaman ini terletak pada sosoknya yang khas, yaitu pangkal batangnya mengembung, daun-daunnya seperti pita yang tumbuh ke atas dengan ujung terjurai, mirip ekor kuda yang terangkat. Karena keunikannya inilah nolina dijuluki pony-tail.

Pangkal Batangnya Bulat Seperti Umbi

Sebenarnya ada beberapa jenis nolina, tapi yang banyak dijumpai di Indonesia adalah spesies Beaucarnea recurvata. Pangkal batang spesies ini bulat menggembung mirip umbi.

Kalau tanaman lain umbinya tidak tampak dipermukaan tanah, nolina malah mempertontonkannya. Uniknya lagi, jenis ini tak mampu membentuk cabang secara alami. Bila menginginkannya bercabang, kita mesti mengupayakannya dengan cara khusus.

Daun nolina ternyata berbeda-beda, bentuknya. Ada yang “melintir-lintir”, ada yang bagian pucuknya menggulung seperti cemeti atau pecut, namun ada juga yang tumbuh biasa seperti buntut kuda.

Tipe B. recurvata yang daunnya “melintir-lintir” seringkali dinilai lebih istimewa daripada tipe lain. Karena itu jangan heran kalau harganya lebih tinggi daripada yang daunnya biasa-biasa saja. Di habitat aslinya, di daerah Mexico, B. recurvata bisa tumbuh setinggi 10 m. Lebar daunnya kira-kira 1 cm saja. Bunganya kecil dan berwarna putih.

Baca Juga :   Manfaat Buah Apel

Asal nama Beaucarnea

Nama beaucarnea (baca : bo-car-nee-a) diberikan oleh Victor Lemoine, seorang pemilik nursery berkebangsaan Perancis. Konon nama ini dipilih untuk mengenang sahabatnya yang bernama Monsieur beaucarnea, seorang notaris berkebangsaan Belgia di abad XIX.

Termasuk Tanaman Tahan Kering

Aslinya, Nolina memang berasal dari daerah panas di Mexico. Karena itu tak heran bila tanaman yang masih tergoling famili Liliaceae ini termasuk relatif tahan kekurangan air. Sifat ini tak lepas dari anatomi tanaman itu sendiri.

Pangkal batangnya yang menggembung itu sebenarnya merupakan tempat persediaan air untuk dipakai sedikit demi sedikit pada masa sulit air. Daunnya yang sempit, kaku serta licin juga berguna mengurangi penguapan air melalui daun.

Baca Juga :   Cara Memberi Pupuk Rambutan Agar Berbuah Lebat

Tanaman yang Cocok Sebagai Indoor plant

Nolina sangat cocok dan ideal untuk tanaman hias dalam ruangan. Selain kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan, yaitu: tahan dipelihara dalam ruangan ber AC yang udaranya kering sampai kuat 1 bulan lebih, bentuknya unik dan menarik, tanaman ini juga lambat tumbuhnya, sehingga “awet muda”.

Nolina bisa bertahan tanpa penggantian pot selama 1 tahun, dengan pertumbuhan yang tidak terlalu kentara. Suatu sifat yang ideal bagi tanaman hias ruangan. Satu lagi kelebihannya yang perlu dicatat, tanaman ini boleh dikatakan tak pernah dirongrong hama dan penyakit. Sesuatu yang jarang dijumpai pada tanaman hias lainnnya.

error: