8 Masakan Olahan Nasi Khas Indonesia yang Enak

Hewata.com. Olahan Nasi. Siapa yang sudah jengah makan nasi setiap hari? Kalau nasinya gitu-gitu saja, kemungkinan besar kita akan merasakan fase bosan. Tetapi kita ada di Indonesia, tempat yang bisa menyulap nasi jadi masakan istimewa.

Selain nasi putih biasa, kamu memang bisa banget mencicipi versi lain menggunakan aneka resep khas nusantara. Olahan ini sudah banyak ditemukan di berbagai tempat makan, bahkan bisa kita coba sendiri di rumah.

Olahan Nasi

Sajian ini kemungkinan besar akan membuat kita bersyukur bisa tinggal di tanah air yang kaya raya segalanya, termasuk kreativitas memasaknya. Kamu yang sedang berada di luar negeri pun dijamin bakal kangen berat sama keluarga dan kampung halaman.

Nah, lalu menu nasi apa yang sudah terkenal dan bikin ngiler? Yuk cekidot! Eh tapi, ada baiknya baca dulu : Makanan Indonesia yang Mendunia

1. Nasi Gandul

olahan nasi dan telur, olahan nasi unik, menu olahan nasi, olahan nasi khas nusantara, resep olahan nasi nusantara, olahan nasi selain nasi goreng

Nasi Gandul – via : cookpad.com

Mirip dengan nasi grombyang, makanan khas Pati Jawa Tengah ini juga berkaldu. Namun teman-teman spesialnya yaitu lidah sapi, usus sapi, tempe, dan aneka tambahan lain. Cocok bagi kamu yang sedang ingin meresapi rasa manis pedas nan becek.

Baca Juga :   10 Makanan Indonesia yang Mendunia, Terkenal di Luar Negeri

2. Nasi Goreng

aneka olahan nasi, macam macam olahan nasi, aneka masakan nasi, olahan makanan dari nasi, makanan yang terbuat dari nasi, kreasi makanan dari nasi

Nasi Goreng – via : gojek.com

Meski sudah mainstream, namun tidak tak bisa menampik fakta kalau nasi goreng itu tetap menggoda. Makanan sejuta umat ini disukai dan bisa dibuat oleh berbagai kalangan. Tak heran kalau varian rasanya semakin kaya saja. Namun standardnya, nasi goreng itu memerlukan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, dan cabai atau merica. Kamu juga juga bisa mencampurnya dengan sumber protein seperti telur, sosis, seafood, dsb.

3. Nasi Grombyang

sebutkan contoh makanan hasil olahan nasi di indonesia, macam macam olahan nasi di indonesia, aneka masakan nasi nusantara, olahan nasi indonesia, macam macam olahan nasi indonesia, olahan nasi nusantara, olahan nasi di indonesia, olahan nasi khas indonesia

Diberi nama grombyang, karena nasi campuran ini akan terlihat bergoyang-goyang. Hal itu disebabkan oleh kuahnya yang ternyata lebih banyak daripada isinya. Makanan khas Pemalang Jawa Tengah ini berisi nasi, kuah, serta irisan daging kerbau. Kadang menu itu dilengkapi juga dengan sate kerbaunya.

4. Nasi Jamblang

sego jamblang, sego jamblang berasal dari, nasi jamblang berasal dari, nasi jamblang berasal dari daerah, nasi jamblang pelabuhan, nasi jamblang terdekat, nasi jamblang adalah makanan khas dari daerah, nasi jamblang adalah makanan khas dari, gambar nasi jamblang, nasi jamblang adalah

Sego jamblang – via : dhkc.info

Begitu mendengar nasi jamblang atau Sega Jamblang, kita pasti akan ingat Cirebon (Kota Udang). Olahan nasi ini memang sudah ada sejak zaman penjajah Belanda. Lauk pauk yang menyertai biasanya berupa tempe, sambal cabai, perkedel, cumi hitam, dll. Nasinya dibungkus dengan daun jati, sehingga aroma serta rasanya betul-betul spesial.

Baca Juga :   9 Rekomendasi Kado atau Hadiah untuk Sunatan

5. Nasi Kebuli

nasi kebuli kambing, kebuli, nasi kebuli daging sapi, nasi goreng kebuli, nasi kebuli arab, masakan nasi kebuli

Olahan nasi yang satu ini memang “timur tengah banget”. Kita akan makan nasi yang sudah dicampur dengan daging dan susu kambing. Nasi ini kemudian disajikan dengan daging kambing goreng. Ada juga yang menambahkan kismis serta kurma. Meski terkesan aneh bagi sebagian orang Indonesia, namun kalangan masyarakat Betawi sudah cukup familier dengan sajian ini.

6. Nasi Kuning

lauknya nasi kuning, masakan nasi kuning, hiasan nasi kuning, pelengkap nasi kuning, makanan nasi kuning, nasi kuning ayam goreng, sego kuning

Seperti namanya, nasinya memang berwarna kuning. Warna ini sendiri didapat dari kunyit. Selain mengubah warna, kunyitnya juga berperan besar membuat nasi lebih wangi serta enak. Lauk-pauknya sendiri sangat beragam. Jika dibuat tumpeng, kita bisa memilih ayam, telur, abon, tahu, tempe, udang, mie, mentimun, dan sebagainya untuk lauknya.

7. Nasi Padang

makanan nasi padang, nasi padang sederhana, nasi padang rendang, nasi padang terenak, nasi padang dekat sini, nasi padang murah terdekat, nasi padang enak, nasi padang berasal dari, masakan padang

Nasi Padang – via : kumparan.com

Saking berkesannya, seorang musisi Norwegia bernama Audun Kvitland, sampai menciptakan lagu khusus tentang nasi padang. Tak hanya orang luar, warga lokal seperti kita pun selalu kepincut dengan citarasanya.

Baca Juga :   Manfaat Kencur untuk Kesehatan dan Menghangatkan Tubuh

Nasi padang yang khas ditemani oleh aneka lauk pauk khas juga. Ada rendang, ikan, telor dadar, ayam, dsb. Nasinya kemudian disiriam oleh kuah santan yang gurih, sayur nangka, serta daun singkong. Nomnomnom!

8. Nasi Pecel

nasi pecel, nasi pecel adalah, nasi pecel sederhana, nasi pecel campur

Yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi, ya. Banyak warung makanan di setiap sudut Indonesia yang ready olahan nasi ini. Seperti namanya, nasi akan disajikan bersamaan dengan sayuran khas pecel.

Entah itu kacang panjang, tauge, selada air, bayam, kemangi, dsb. Lidah kita juga akan dimanjakan dengan kuah kacang yang lezat. Jika sedang tak ingin nasi, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada lontong atau ketupat.

Entah persisnya ada berapa jumlah masakan olahan nasi khas Nusantara. Masih ada nasi balap asal Lombok, nasi jaha khas Halmahera, nasi boranan asal Lamongan Jawa Timur, nasi lengko asal Cirebon, nasi megono asal Pekalongan Jawa Tengah, dsb. Tetapi dari list ini saja, apakah kamu sudah mencobanya semua? 8 Masakan Olahan Nasi Khas Indonesia yang Enak dan Populer.

error: