Palem Ratu, Cocos Plumosa dari Brazil

Hewata.com. Palem ratu. Pada awalnya palem ini bernama ilmiah Cocos Plumosa. Hal ini lantaran sosok tanaman yang mirip tanaman kelapa (Cocos Nucifera) tetapi buahnya hanya sebesar buah plum. Namun nama ini dianggap tidak sesuai dengan tatanama biologi tanaman.

Oleh karena itulah pada tahun 1823, Adelbert von Chamisso menggantinya menjadi Cocos Romanzoffianum. Diambil dari nama M. P. Romanzoff, seseorang warga negara Rusia yang hidup tahun 1754-1826. Baca juga : Fakta Pohon Palem

Ternyata penamaan itu tidak berhenti sampai di situ. Sejarah nama palem ini akhirnya ditentukan pada tahun 1916 saat Beccari, yang membagi keluarga Cocos menjadi 7 genera, memasukkan palem tersebut ke dalam genus Arecastrum. Maka jadilah namanya Arecastrum Romanzoffianum.

jenis palem, jenis palem langka, jenis tanaman palem, jenis tanaman palem termahal, palem adalah

Palem ratu – via : floraplanet.com

Asal Brazil

Kini, palem anggun yang berasal dari Brazil ini telah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Diantaranya ke Amerika Selatan, Amerika bagian utara, dan Australia. Umumnya ia dimanfaatkan sebagai tanaman hias baik sebagai penghias kota maupun taman dalam rumah.

Baca Juga :   Cara Membuat Tanaman Sirih Gading Rimbun

Warna daun palem yang indah ini hijau tua. Berbentuk lebar melengkung, dengan susunan anak daun yang terpisah seperti lembaran-lembaran yang terurai sepanjang sekitar 2,5-5 m. Pelepah yang kuat mencuat dari batangnya, menahan daun-daun palem itu dari tiupan angin, hingga tampak gerakan gemulai naik turun seperti kincir angin yang berputar.

Sosoknya tinggi dan ramping, bisa mencapai 15 m. Batang tunggalnya yang licin dan halus dihiasi garis-garis cincin. Diameter batang kurang lebih 40 cm. Bunga berwarna krem dan kecil, berkumpul pada mayang palem yang panjangnya 1 m. Mayang ini muncul dari ketiak daun bagian bawah. Pelepahnya berfungsi sebagai penahan buah oranye yang bergelantungan. Ukuran buah tersebut 20-25 cm.

Baca Juga :   Lalat Buah, Si Kecil Berdaya Rusak Besar

Sewaktu Muda Termasuk Indoor

Salah satu kelebihan palem ini ialah kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan. Selagi muda, palem yang biasa digunakan sebagai tanaman outdoor itu, dapat pula menjadi tanaman indoor. Terutama pada saat ukurannya sekitar 1,5-2 m. Sebagai tanaman indoor, ia bisa ditanam dalam pot-pot besar yang diletakkan pada tempat dengan sedikit cahaya matahari. Maksudnya agar pertumbuhan daun-daunnya bagus dan tampak segar.

jenis tanaman palem, jenis tanaman palem termahal, palem adalah, jenis palem, jenis palem langka

Perawatannya mudah

Karena cepat menyesuaikan diri. Tanaman ini dapat ditanam di daerah tropis dan subtropics. Ia bisa juga tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi. Umumnya Arecastrum diperbanyak melalui biji. Media untuk persemaian terdiri dari campuran pasir, tanah kebun, humus daun, dan serbuk sabut kelapa. Palem ini termasuk cepat berkecambah, biasanya kurang dari 2 bulan. Yang penting, kelembapan cukup.

Baca Juga :   Nolina recurvata, “Pony-Tail” yang Unik

Bila semaian telah mengeluarkan dua daun, maka ia harus dipindahkan ke pot atau polibag berdiameter 10-12 cm. tiap pot atau polibag berisi satu bibit. Media yang digunakan berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.

error: