Deskripsi Paprika yang Menarik untuk Disimak

Hewata.com. Paprika. Cabai (Capsicum sp.) merupakan tanaman perdu dari suku terung-terungan (Solanaceae). Jadi jika ditanya paprika itu buah atau sayur? Paprika adalah buah dari tanaman capsicum annum. Jadi, paprika bukan sayuran. Umumnya varietasnya manis oleh sebab itu disebut Bell Pepper dalam Bahasa Inggris. Meskipun beberapa varietas awal dan yang modern juga pedas.

Anggota tanaman cabai diperkirakan terdiri atas 20 jenis (spesies), yang sebagian besar masih tumbuh liar di tempat asalnya, yaitu Amerika Latin. Dari banyak jenis cabai itu, hanya beberapa saja yang telah dikenal dan dibudidayakan di Indonesia. Dua jenis diantaranya yang telah ditanam secara luas adalah cabai besar (Capsicum Annuum) terdiri atas banyak varietas.

Baca Juga :   Lalat Buah, Si Kecil Berdaya Rusak Besar

deskripsi paprika, deskripsi tanaman paprika, deskripsi dari paprika, deskripsi bagian paprika, deskripsi tentang buah paprika, deskripsi tentang paprika

Masing-masing varietas itu bisa dibedakan berdasarkan penampilan sosok pohon, bentuk, dan warna buahnya, serta beberapa perbedaan sifat tanamannya. Beberapa varietas cabai besar itu antara lain cabai merah (Capsicum Annuum var. Longum), cabai hijau (Capsicum Annuum var. Annuum), dan cabai manis (Sweet Pepper) alias paprika (Capsicum Annuum var. Grossum).

Paprika atau cabai manis, disebut juga sweet papper dalam Bahasa Inggris, mempunyai pohon berbatang tegak, tingginya berkisar antara 60-90 cm. Sosok pohonnya tampak pendek dan rimbun karena bercabang banyak. Tanaman itu berdaun tunggal, berbentuk bulat telur dengan ujung meruncing.

Buahnya besar, berbentuk bulat pendek sampai bulat lonjong. Buah itu tumbuh bergelantung pada cabang pohon. Tanaman ini cocok diusahakan di daerah yang suhunya berkisar 15-20oC.

Baca Juga :   Cara Menanam Tomat Di pot

Perbanyakan tanamannya dari biji. Sebelum bibit ditanam di lapangan, benihnya disemaikan dahulu selama 40 hari. Hasilnya mulai bisa dipetik setelah tanaman berumur 90 hari. Masa produktif tanaman rata-rata sampai umur 8 bulan. Setelah itu harus diganti tanaman baru.

Tiap tanaman rata-rata menghasilkan 1-2 kg sampai habis masa tanamnya, yang rata-rata dilakukan sebanyak 16 kali pemetikan setiap pohonnya. Buah pertama rata-rata berukuran besar, buah selanjutnya semakin mengecil.

Berdasarkan bentuk dan warna buahnya, bisa dibedakan atas bermacam-macam sub varietas. Keragamannya itu semakin bertambah banyak berkat adanya sub varietas baru, karena adanya pemuliaan tanaman.

Berdasarkan warnanya, bisa dibedakan atas kuning, merah, ungu. Paprika merah dan kuning umumnya berasal dari buah paprika yang warnanya hijau ketika masih muda. Setelah buah hijau itu masak, akan berubah jadi kuning dan merah, sesuai dengan sub varietasnya. Sedangkan paprika ungu sejak kecil warnanya memang sudah ungu kehitaman.

Baca Juga :   Sejarah Tanaman Kaktus yang Menggugurkan Daunnya

Paprika yang banyak dijumpai di Indonesia diantaranya ada Big Star (rata-rata 220 g/buah), Sunny Bell (rata-rata 160 g/buah), dan Bon Star (rata-rata 30 g/buah). Yang lain adalah paprika Capricorn, California Wonder, dan Puspaiwala. (DBS) & Referensi lain : mvorganizing.org

error: