Pemupukan Anggrek dan Kuping Gajah yang Baik

Hewata.com. Pemupukan anggrek. Mengenal penanaman bibit anggrek dalam kompot, sebaiknya gunakan kompot berukuran 12 atau 15 cm, dan masing-masing pot dapat diisi 20 dan 30 bibit. Media tanam dalam pot berupa pecahan batu bata atau arang setengah bagian pot dan pakis di atasnya.

mupuk anggrek, pemupukan anggrek, pupuk anggrek, pupuk anggrek alami, pupuk anggrek cepat berbunga, pupuk anggrek dendrobium, cara memupuk anggrek dengan npk mutiara, pupuk anggrek yang bagus, cara memupuk anggrek yg benar

Sebaiknya sebelum digunakan media tersebut direndam dalam campuran air-fungisida, sedangkan pakis harus direbus sampai mendidih. Bila akar plantlet terlalu panjang digunting saja untuk memudahkan penanaman.

Selain media, dalam kompot juga memerlukan pemupukan anggrek yang tepat. Pemupukan dilakukan seminggu sekali. Gunakan pupuk NPK yang kadar N-nya lebih tinggi daripada P dan K seperti di atas, dan dikombinasikan dengan fungisida untuk mencegah penyakit.

Baca Juga :   Tanaman Hias Daun Calathea

Pemupukan berlebihan dapat dinetralisir dengan penyemprotan campuran air-gula (1 sendok teh dalam 5 liter air). Campuran ini juga akan lebih menghijaukan daun serta merangsang pertumbuhan akar serta batang.

Setelah 3 bulan, Dendrobium dan Phalaenopsis siap dipindahkan ke dalam pot lain. Hanya Vanda dan Cattleya baru bisa dipindahkan setelah 1 tahun. Dalam pot baru tiap pot berisi 1 tanaman, anggrek dapat diharapkan berbunga asalkan dirawat dengan baik.

Kuping gajah menyukai tempat teduh, yang hanya terkena sinar matahari sekitar 20-40%, serta lembap.Ia juga menghendaki media tanam remah, kayu humus, dan subur. Media itu dapat berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan humus dengan perbandingan 1:1:1. Atau humus, kompos, dan pasir dengan perbandingan 3:2:2.

Baca Juga :   Tanaman Hias Daun Zebra yang Berbunga Kuning

Kemudian media tanamnya harus dijaga tetap lembap dengan menyiram secara rutin. Bukan berarti media tanam harus becek, tapi asal dipegang terasa basah sudah cukup.

Agar tanaman kuping gajah anda berpenampilan menarik, harus dilakukan pemupukan sebulan sekali. Konsentrasi pupuk disesuaikan saja dengan anjuran pada label. Tapi yang harus diperhatikan adalah kandungan kimia pupuk itu.

Karena yang akan kita nikmati dari tanaman ini hanya daunnya, sebaiknya digunakan pupuk dengan komposisi N lebih tinggi daripada P dan K, seperti Dekastar (22-8-4), Hyponex Merah (25-5-20), atau Vitabloom Hijau (30-10-10).

error: