Jenis Penyakit Jambu Busuk dan Cara Mengatasinya

Posted on

Hewata.com. Jambu busuk. Busuk buah dapat menyerang buah jambu bangkok yang masih ada di pohon juga yang sudah dipanen. Penyebabnya antara lain serangan cendawan dan kepik. Bagaimana cara mengatasinya?

Buah jambu bangkok pun tak luput dari serangan penyakit busuk buah.seabagaimana umumnya buah-buahan, busuk buah pada jambu bangkok juga akibat serbuah sejenis cendawan dan sejenis lalat buah serta kepik.

jambu busuk, obat jambu air agar tidak busuk, obat buah jambu busuk, gambar jambu busuk, jambu biji busuk, penyebab buah jambu kristal busuk, agar jambu air tidak busuk

Karena serangan ini buah jambu bangkok ada yang mudah rontok. Kalaupun tidak rontok, buahnya jadi jelek dan ada pula yang membusuk setelah dipanen dan disimpan. Bagaimana gejala serangan pengganggu buah jambu bangkok ini?

Busuk Buah Karena Cendawan

Penyakit akibat cendawan bermacam-macam, namun kalau dicoba dikelompokkan akan ditemukan :

1. Busuk buah kering

Busuk buah kering sudah terlihat sejak buah masih menggantung di pohon. Tanda-tanda yang bisa dilihat, permukaan buah penuh noda, atau berbintik-bintik, terkadang benjol-benjol mirip gabus.

Warna noda, bintik dan benjolan ini mulai dari kecoklatan hingga coklat tua. Buah yang diserang tetap mengeras dan tidak memperlihatkan gejala “busuk” yang sebenarnya.

Baca Juga :   Sisir, Cocok Sebagai Bonsai Tanaman Liar

Penyebabnya sejenis cendawan yang tidak membuat buah gampang rontok atau buah menjadi “bonyok” namun membuat buah jadi jelek penampakannya. Karena ini mutu buah jadi merosot.

Buah yang masih menggantung di pohon juga sering dihinggaapi sejenis cendawan yang warnanya kecokelatan.

Cendawan ini biasa menyerang bagian pangkal buah di sekitar tangai buah. Kalau serangan menghebat, permukaan buah menjadi cokalt semua dan buah bisa rontok karenanya.

Lebih dari ini, pertumbuhan buah menjadi tidak sempurna.

2. Busuk buah berair (basah)

Busuk buah berair biasanya terjadi akibat “infeksi” yang dialami buah semenjak masih menggantung di pohon. Infeksi baru nampak setelah buah dipetik dan ditaruh di tempat penyimpanan.

Infeksi ini akibat serangan sejenis cendawan yang warnanya juga kecokelatan. Bedanya serangan cendawan di atas dengan serangan cendawan di sini ialah, kalau cendawan di atas tidak membuat buah menjadi lembek sedangakan cendawan di sini membuat buah menjadi lembek.

Busuk buah berair tidak hanya karena cendawan yang kecoklatan saja. Cendawan yang berwarna keabuan juga bisa menyebabkan busuk buah berair. Cendawan ini tergolong cendawan yang menular apabila terjadi kontak dengan buah yang sehat.

Baca Juga :   Cara Mencangkok untuk Bahan Bonsai

Mengatasi Cendawan

Usaha pengendalian terhadap serangan cendawan di atas adalah :

  1. Mengurangi kerimbunan pohon dengan pemangkasan bagian tanaman yang tidak berguna atau yang tidak sehat.
  2. Disemprot dengan fungisida Cobox, konsentrasi 4 g per liter air, Shell Copper, konsentrasi 1-1,5 g per liter air.
  3. Bisa juga disemprot dengan bubur bordo. Cara membuat burur bordo, cukup dengan menuangkan larutan 1,5 kg terusi yang ditumbuk halus + 50 liter air, ke dalam larutan bubuk (kapur mati) sebanyak 3 liter + air sebanyak 50 liter.

Busuk Buah Karena Hama

1. Hama utama penyebab busuk buah adalah lalat buah (Dacus sp.). Karena lalat ini buah menjadi busuk bagian dalamnya. Permukaan buah terlihat mulus walau sebenarnya penuh lubang kecil. Lubang ini merupakan bekas “suntikan” lalat tersebut ketika meletakkan telurnya di bawah permukaan kulit buah.

Setalah telur menetas, larva lalat itu masuk ke dalamdaging buah. Serangan kian menghebat kalau buah menjelang matang. Namun sering terjadi sebelum buah menjadi matang buah sudah berguguran.

2. Hama lain yang merusak buah jambu bangkok ialah sejenis kepik penghisap buah (Helopeltis sp.).

Baca Juga :   Cara Budidaya Anggrek Miltoniopsis

Kepik ini menjadikan buah tidak segar dan tidak berumur panjang. Sebabnya kepik tersebut menghisap habis cairan yang ada dalam buah. Berkembangbiaknya melalui telur yang ia letakkan di bagian tanaman jambu bangkok yang masih muda dan yang cukup teduh.

Setelah telur menetas menjadi “nimfa”, nimfa ini akan merusak / menghisap daun-daun muda, ranting muda, tunas-tunas yang akan muncul dan juga buah yang masih muda. Nimfa penghisap buah itu berwarna coklat dan sering mengluarkan bau mirip terpentin.

Mengatasi Lalat dan Kepik

1. Mengatasi Lalat Buah

Buah jambu bangkok berummur sebulan dibungkus dengan kertas koran, daun pisang kering, pembungkus semen dan lain-lain. Lalat buah sebagai biang keladinya, diberantas dengan umpan beracun. Tanaman disemprot dengan insektisida Ripcord 5 Ec, konsentrasi 1- 1,5 cc per liter air, selang penyemprotan sekitar 3-5 hari sekali (ketika buah menjelang matang).

2. Mengatasi Pengisap Buah

Tanaman disemprot dengan Ripcord 5 EC, konsentrasi 0,5 – 0 ,75 cc perliter air, selang penyemprotan sekitar 7 hari sekali. Bisa juga disemprot dengan Nudrin – 24, konsentrasi 4 cc per-litter air, selang penyemprotan sekitar 7 hari sekali. Buah jambu bangkok juga harus dibungkus. (SST)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *