Pengidap Penyakit yang Tidak Boleh Makan Pepaya

Posted on

Hewata.com. Kaya akan serat makanan juga mengandung mineral dan vitamin, pepaya telah dikenal sebagai salah satu dari banyak buah-buahan yang kaya akan nutrisi.

Buah berwarna cerah dan manis ketika sudah matang ini mempunyai banyak manfaat. Meskipun begitu, tetapi Pepaya tidak aman untuk dikonsumsi oleh semua orang.

Hati-Hati Pengidap Penyakit Ini Tidak Boleh Makan Pepaya

Orang yang menderita beberapa kondisi kesehatan tertentu tidak boleh makan pepaya atau menambahkan pepaya ke dalam makanan mereka.

Lalu, siapa yang tidak boleh makan Papaya atau Pepaya :

1. Orang Dengan Detak Jantung Tidak Teratur

Dilansir dari indiatimes.com. Penelitian menunjukkan bahwa pepaya mengandung sedikit glikosida sianogenik, yaitu asam amino yang dapat menghasilkan hidrogen sianida dalam sistem pencernaan manusia.

Baca Juga :   Manfaat Kencur untuk Kesehatan dan Menghangatkan Tubuh

Walau jumlah senyawa yang dihasilkan tidak berbahaya bagi kesehatan, kelebihannya dapat memperburuk gejala bagi mereka yang menderita penyakit masalah detak jantung tidak teratur. Ini bisa jadi memiliki efek yang sama pada orang yang menderita hipotiroidisme.

2. Orang Penderita Alergi

Orang yang didiagnosis dengan alergi lateks atau getah mungkin alergi juga terhadap pepaya.

Hal tersebut terjadi karena pepaya mengandung enzim yang disebut kitinase.

Enzim dapat menyebabkan reaksi silang antara getah dan makanan di dalamnya, yang menyebabkan kesulitan bernapas, bersin, batuk, serta mata berair.

Beberapa orang bahkan mungkin menganggap bau pepaya yang sudah matang tidak enak.

Baca Juga :   10 Rekomendasi Sepatu Futsal Terbaik

orang yang tidak boleh makan pepaya, penyakit yang tidak boleh makan pepaya, penyakit apa yang tidak boleh makan pepaya, penyakit yang disebabkan oleh pepaya

3. Orang Penderita Batu Ginjal

Pepaya mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Nutrisi ini mengandung antioksidan, namun asupan makanan yang berlebihan oleh orang yang sudah menderita penyakit batu ginjal dapat memperburuk kondisi mereka.

Terlalu banyak asupan vitamin C bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal kalsium oksalat. Bahkan dapat meningkatkan ukuran batu, sehingga berakibat lebih sulit untuk dikeluarkan lewat urin.

4. Orang Penderita Gula Darah Rendah

Penderita diaetes biasanya menyukai buah pepaya karena dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Tapi itu mungkin bukan pilihan yang baik bagi mereka yang sudah menderita masalah gula darah rendah atau hipoglikemia (hypoglycemia).

Buah yang rasanya manis ketika sudah matang ini mengandung produk anti-hipoglikemik sebagai penurun glukosa.

Baca Juga :   Pendek? Cobain 10 Susu Penambah Tinggi Badan Ini!

Bisa saja membawa kadar glukosa darah ke tingkat yang berbahaya pada orang yang menderita hipoglikemia, yang menyebabkan masalah seperti kebingungan, kegoyahan dan detak jantung yang cepat.

5. Ibu Hamil

Mesikupun seorang ibu yang sedang mengandung bukanlah seorang yang sedang sakit, tetapi cukup cocok dimasukan kedalam daftar orang yang tidak boleh memakan pepaya.

Makanan yang sehat sangat penting untuk pertumbuhan bayi serta kesehatan ibu hamil.

Namun, pepaya adalah satu dari banyak buah-buahan yang mestinya dilewatkan dari daftar makanan bumil.

Kandungan lateks atau getah dapat memicu kontraksi rahim, yang dapat menyebabkan persalinan dini.

Selain itu pepaya juga mengandung papain yang digunakan secara artifisial untuk menginduksi persalinan.

Bahkan dapat melemahkan membran yang menopang janin, yang sebagian besar terjadi dalam kasus pepaya dalam kondisi setengah matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *