7 Hal Ini Membuat Anjing Peliharaan Anda Kehilangan Nafsu Makan

HEWATA.com – Bagi Anda yang memiliki Anjing Peliharaan yang terlihat tidak lagi bernafsu untuk makan, mungkin hal tersbut akan membuat Anda khawatir dan bertanya-tanya gerangan apa yang membuat peliharaan kita menjadi seperti itu.

Seperti manusia, hewan peliharaan termasuk anjing yang bermasalah dengan nafsu makannya ini disebut dengan Anoreksia. Anoreksia yang menjangkiti hewan peliharaan ini lebih dikenal dengan istilah Anoreksia Nervosa.

Anoreksia Nervosa yaitu suatu kondisi dimana hewan kehilangan nafsu makannya dikarenakan berbagai macam sebab seperti diantaranya adalah sebab perilaku, medis, dan bahkan psikologis.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika anjing peliharaan Anda terjangkit Anoreksia Nervosa? Ada beberapa hal yang mesti pemilik anjing peliharaan harus ketahui mengenai penyebab dari hilangnya nafsu makan tersebut.

Berikut ini 7 daftar penyebab anjing peliharaan di rumah Anda kehilangan nafsu makannya, checkout!

1. Teliti ketika membagi makanan manusia ke anjing

10 cara efektif mengatasi anjing peliharaan yang susah makanvia munch.zone
Sebagian besar pemilik anjing peliharaan mungkin tidak akan banyak berpikir ketika mereka memberikan sisa-sisa makanan mereka ke anjing peliharaannya.

Padahal, ketika mereka memberikan sisa-sisa makanan manusia ke anjing kesayangannya hal yang terlewat dan bahkan tidak diketahui adalah sisa makanan manusia yang diberikan kepada anjing peliharaan tidak boleh lebih dari 20 persen porsi makan tiap harinya.

Karena bila hal tersebut tidak diatur, anjing peliharaan kesayangan Anda malah akan mulai lebih menggiurkan memakan makanan manusia daripada dog food atau makanan hewan. Dan bila hal tersebut terus dilakukan, dimasa mendatang Anda tak perlu kaget seandainya anjing kesayangan Anda tidak mau memakan makanan khususnya.

2. Sakit perut karena makanan manusia

daftar makanan manusia yang harus dihindari diberikan pada hewan peliharaanvia aspca.org
Anjing peliharaan yang seringkali diberi makanan manusia secara berlebih akan mengakibatkan gangguan pencernaan pada anjing.

Gangguan pencernaan seperti diare pada anjing kesayangan Anda bisa disebabkan salah satunya karena Anda sering memberinya makanan manis yang berlebih, produk olahan susu, dan makanan pedas.

Tiga jenis makanan tersebut merupakan salah satu alasan dari anjing peliharaan kesayangan Anda akan mulai berhenti untuk memakan makanannya sampai habis atau tidak sama sekali.

3. Anjing mengidap cacingan

15 tips tepat untuk meningkatkan nafsu makan anjing peliharaanvia petbarn.com.au
Salah satu penyebab anoreksia pada hewan peliharaan termasuk anjing adalah dikarenakan penyakit cacingan. Agar anjing kesayangan Anda tidak terjangkit penyakit cacing usus, pemilik hewan peliharaan diharuskan untuk selalu menjaga kondisi kesehatannya dengan membuat mereka aman dengan menghindari kerumunan dan kondisi lingkungan yang banyak tekanan.

Kualitas dari makanan yang akan kita berikan pada hewan peliharaan kita haruslah terjaga, tidak boleh terlalu rendah atau bahakan kita memberikan makanan dengan jumlah yang banyak. Kualitas makanan hewan peliharaan yang tidak tepat dapat berpengaruh pada anjing kesayangan Anda hingga menyebabkan mereka tidak mau makan.

4. Perubahan kebiasaan yang membuat stres

bagaimana solusi untuk mengatasi anjing yang susah makanvia barkingroyalty.com
Kebiasaan yang berubah terhadap anjing peliharaan bisa menjadikan mereka stres yang pada akhirnya akan berakibat hilangnya nafsu makan.

Maka, pemilik anjing peliharaan harus bisa lebih cermat bila ingin melakukan perubahan kebiasaan atau rutinitas anjing kesayangan mesti dilaksanakan secara bertahap sedikit demi sedikit.

5. Perubahan perilaku

obat dog food untuk anjing tua lemas dan tidak mau makan dan mencretvia premierpetsupply.com
Kadang kala sebagian anjing peliharaan yang terkena anoreksia penyebabnya ialah perlawanan mereka terhadap kehadiran hewan peliharaan lainnya di rumah.

Penyebab yang satu ini adalah soal sikap perilaku mereka yang berubah dan berakibat pada hilangnya nafsu makan, namun hal tersebut bisa diatasi dengan memisahkan anjing peliharaan kesayangan Anda untuk makan sendirian jauh dari hewan peliharaan lain.

6. Masalah mulut

kenapa anak anjing yang baru saya beli gak mau makan dan muntahvia triblive.com
Masalah mulut yang sering mendera anjing peliharan hingga tidak mau makan biasanya dikarenakan persoalan gusi dan gigi. Masalah gusi dan gigi juga bisa mengakibatkan ketidaknyamanan ketika anjing kesayangan mengunyah makanan.

Agar masalah penyakit mulut tidak terjadi terhadap hewan peliharaan Anda ini, pastikan untuk sesekali memeriksakan anjing kesayangan anda ke dokter hewan.

7. Masalah usia

inilah penyebab anjing peliharaan tidak mau makan atau susah makanvia bestdoggear.com
Masalah terakhir yang menjadi penyebab anjing peliharaan kesayangan Anda tidak lagi mau makan ialah dikarenakan usianya yang semakin berumur atau telah menua.

Dan dikarenakan masalah usia yang lanjut inilah maka kemampuan anjing peliharaan dalam persoalan makannya lambat laun akan menurun. Ketidakmampuan tersebut adalah hal umum bukan hal yang mengejutkan bagi pemilik hewan peliharaan.

Namun tentunya masalah tersebut tidak serta merta untuk dibiarkan, dan malah persoalan anoreksia yang disebabkan karena penuaan menjadi masalah yang harus ditangani dengan segera.

Hubungi dokter hewan dan mintalah anjuran atau nasihat untuk bisa melakukan perubahan atas pola makan hewan peliharaan yang telah menua agar supaya anjing kesayangan Anda bisa mudah dan terjaga pola makannya.

Itulah 7 hal penyebab dari anjing peliharaan yang kehilangan nafsu makannya. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

error: Content is protected !!