Demodecosis Penyebab Penyakit Kulit Anjing

Hewata.com. Penyebab Penyakit Kulit Anjing. Demodex Folliculorum var. Canis atau lebih dikenal sebagai Demodex Canis adalah parasit penghuni kulit anjing yang tinggal pada akar rambut dan kadang-kadang pada kelenjar lemak. Seluruh siklus hidupnya terjadi di bawah kulit. Hanya kadang-kadang tungau dewasa berjalan ke luar kulit, mengakibatkan penularan penyakit kulit pada anjing lain. Tungau jantan berukuran kurang lebih 0,25 mm, tungau betinanya kira-kira 0,3 mm.

Hampir pada seluruh jenis anjing ditemukan parasit ini. Pada anjing yang menurun kekebalannya tungau ini dapat mengakibatkan radang kulit demodecosis, terutama pada anjing berbulu pendek seperti Doberman, Mini Pinscher, Boxer atau anjing kampung biasa.Sebenarnya tidak menutup kemungkinan anjing berbulu panjang terjangkit tungau juga. Pada tingkat yang menyebar hampir ke seluruh tubuh, demodecosis bisa mengakibatkan kematian.

Baca Juga :   Cara Membuat Air Laut Buatan untuk Aquarium

Gejalanya

Pada awalnya Penyebab Penyakit Kulit Anjing, timbul rasa gatal pada daerah seputar mata dan mulut, lipatan telinga, kaki depan dan belakang, juga pada pangkal ekor. Selanjutnya, bulu pada tempat itu rontok.Karena rasa gatal yang hebat, anjing menjadi gelisah dan menggaruk kulitnya membabi buta. Akibatnya kulit terkelupas, kadang-kadang menjadi luka yang berair dan bernanah juga berbau busuk yang spesifik.

Kalau tidak segera diobati luka ini bisa menimbulkan infeksi sekunder yang disebabkan oleh jamur atau bakteri sehingga semakin sulit diobati. Akibatnya anjing terus gelisah, nafsu makan menurun sehingga menjadi kurus, timbul demam, dan akhirnya mati.

penyakit kulit pada anjing, cara mengobati penyakit kulit pada anjing secara alami, sakit kulit pada anjing, kurap pada anjing, sakit kulit anjing, anjing sakit kulit, kulit anjing kering, penyebab anjing gatal gatal, cara mengobati scabies pada anjing, penyakit jamur pada anjing, cara mengobati kudis pada anjing

Demodecosis penyebab anjing gatal-gatal – via : getridofallthings.com

Pengobatannya

Untuk memastikan infeksi kulit akibat tungau, sebagian goresan kulit dilihat di bawah mikroskop.Jika ditemukan banyak tungau dari keempat stadiumnya, bisa dipastikan anjing sungguh terserang demodecosis.

Baca Juga :   Cara Merawat Anak Kucing Persia

Kalau bisa, kulit yang meradang disikat dahulu dengan sikat halus sampai agak berdarah sebelum diberi obat, supaya obat bisa mencapai tempat bersarang tungau. Obati luka dengan campuran sulfur precipitat dengan asunthol atau dicampur negasun. Sebenarnya bisa juga diberi benzyl benzoas ensilicum (BBE) 25%. Obat diberikan dua kali sehari.

Dianjurkan agar anjing dimandikan dulu dengan desinfektan karbol glycerin 3-5% yang dicampur air.Baru setelah itu lukanya diberi salep unguentum benzoas. Berikan juga obat penahan gatal, vitamin A untuk mempercepat tumbuhnya kulit dan rambut dan antibiotik untuk mencegah infeksi akibat bakteri dan jamur.

Penyembuhan demodecosis memerlukan waktu yang lama, apalagi jika penyebarannya sudah mencapai 50% permukaan tubuh. Jangan cepat puas jika sudah tampak ada tanda kesembuhan.Pengobatannya harus tuntas sampai ke ‘akar’-nya. Ketekunan dan kesabaran sangat diperlukan jika ingin anjing kesayangannya sembuh. Kebersihan maupun makanan yang baik bisa menghindari serangan demodecosis. Anjing yang sakit harus dipisahkan dari anjing yang sehat karena penyakit ini bisa menular.

Baca Juga :   Anjing Gemuk Tanda Kelebihan Gizi
error: