Pisang Suntik yang Lebih Manis

Posted on

Hewata.com. Pisang suntik. Segala daya upaya untuk perbaikan mutu komoditas pertanian terus dilakukan. Misalnya saja, untuk perbaikan mutu pisang, dilakukan penyuntikan. Bagaimana hasilnya?

Apa mungkin pisang disuntik? Itulah berangkali yang muncul di benak kita. Nyatanya, meskipun kita masih bertanya-tanya terus, penyuntikan pisang sudah dilakukan dan berhasil. Penyuntikan dilakukan di sebuah desa Dalangan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

pisang suntik, pupuk untuk pisang, suntik jantung pisang, suntik pohon pisang, cara suntik jantung pisang, jarum suntik jantung pisang, alat suntik jantung pisang, cara suntik pohon pisang, pisang suntikan, tanda pisang suntikan, jarum suntik pohon pisang, suntik pisang promil
Ilustrasi cara menyuntik pisang – via : flickr.com

Saat itu, sudah ada 1520 pohon pisang yang disuntik. Hasilnya, produksi pisang naik sampai 33 %. Semula, di desa Dalangan, produksi pisang per tandan per pohon, hanya 6 sisir saja. sesudah disuntuk lantas menjadi 8 sisir per tandan per pohon. Tapi hanya itu sajakah hasilnya? Ternyata tidak. Ada hasil positif lain. Berikut datanya :

Baca Juga :   Cara Menanam Sawi di Polybag, Agar Cepat Panen
Sebelum disuntik Setelah Disuntik
1. Umur tanaman dipanen normal Lebih cepat sekitar 20 hari
2. Isi pertandan – 6 sisir 8 Sisir
3. Keadaan buah : normal Daging buah lebih padat, warna buah lebih bersih dan terang
4. Rasa Buah : normal Rasa buah lebih manis

Cara Suntik Pisang

Mula-mula dicari pohon pisang yang sehat dan subur, serta yang akan berbunga (untuk pisang kepok umurnya kira-kira 9 bulan). Setelah pisang ini ditemukan. Kita cari bagian yang akan disuntuk. Terlebih dulu kita ukur bagian atas, mulai dari pangkal daun bendera terus ke bawah, panjangnya 25 cm.

Setelah ketemu titik ini, lantas kita tentukan letaknya agar titik itu persis berada di tengah-tengah lingkaran batang.

Baca Juga :   Nolina recurvata, “Pony-Tail” yang Unik

Kemudian, kita juga menentukan titik lain lagi yang letaknya tepat di tengah-tengah dari ketinggian pohon.

Jadi, titik ini persis berada di tengah-tengah antara pangkal bendera daun dan pangkal batang di atas permukaan tanah.

Setelah itu kita kembali menentukan titik yang ketiga yaitu yang berada di atas permukaan tanah dekat dengan pangkal batang. Titik ini tepat 25 cm di atas pangkal batang itu.

Selanjutnya, sesudah titik-titik tempat penyuntikan ditentukan, ‘obat suntuk dan alat suntuk disiapkan.

“Obat ini adalah sejenis zat perangsang, antara lain gemari. Perangsang ini dilarutkan ke dalam air dengan konsentrasi 1 cc obat tersebut untuk 1 cc air persuntikan.

Baca Juga :   12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan

Tindak lanjut setelah itu, kita tinggal memilih, bagian titik mana yang dijadikan tempat penyuntikan. Boleh bagian yang di dekat pangkal batang. Namun, kalau kita berpegang pada hasil seperti di atas, penyuntikan dilakukan pada titik yang dekat dengan pangkal bendera daun yang berada di tengah-tengah pohon.

Ketika melakukan penyuntikan, jarum suntukan hendaknya kita arahkan ke bawah. (Dinas Pertanian)

Leave a Reply

Your email address will not be published.