9 Fakta Pohon Palem: Tradisi Keagamaan Hingga Tuak

Hewata.com. Pohon klasik dari surga wilayah tropis, pohon palem jauh lebih penting dan bermanfaat dari yang Anda kira. Termasuk juga pohon kelapa yang termasuk pohon palem-paleman atau suku pinang-pinangan.

Mereka juga bisa ditanam sebagai tanaman hias palem indoor maupun outdoor.

fakta pohon palem, pohon palem, pohon palem merah, gambar pohon palem, tumbuhan palem, pohon palem adalah, fungsi pohon palem, foto pohon palem, apa itu pohon palem, pohon palem artificial, pohon palem palsu, tanaman pohon palem, penjelasan pohon palem

Fakta Pohon Palem

Saat melihat pohon palem, kebanyakan orang membayangkan suasana pantai yang cerah, tetapi tanaman yang kokoh ini juga dapat tumbuh di berbagai lingkungan lain. Berikut 9 fakta yang mungkin belum Anda ketahui tentang keindahan tanaman tropis tersebut:

1. Pohon Palem Merupakan Simbol Agama yang Penting

Dalam Alkitab, orang-orang Yerusalem menyambut Yesus yang penuh kemenangan hanya satu minggu sebelum kematian dan kebangkitannya, sebuah tradisi yang sekarang dikenal dan dirayakan sebagai “Palm Sunday” (Seminggu sebelum Paskah, ketika masuknya Yesus ke Yerusalem dirayakan di banyak gereja Kristen dengan prosesi di mana daun palem dibawa).

Baca Juga :   6 Tanaman untuk Mencegah Cuci Darah

Pohon palm disebutkan beberapa kali dalam Alkitab dan Alquran. Dalam Yudaisme atau Agama Yahudi, pohon palem melambangkan kedamaian dan kelimpahan.

2. Terdapat Lebih Dari 2.500 Jenis Pohon Palem

Keluarga tumbuhan Arecaceae (suku pinang-pinangan) mencakup spesies yang sangat beragam yang ditemukan di seluruh dunia, dari gurun hingga hutan hujan.

3. Pohon Palem Palsu

Tidak Semua Pohon Palem adalah ‘Pohon’, dan tidak semua tanaman yang disebut palem, benar-benar palem.

Tanaman yang hijau sepanjang tahun ini bisa tumbuh dalam bentuk semak, pohon atau tanaman merambat berkayu panjang yang disebut liana (tanaman panjat berkayu yang menggantung di pohon, terutama di hutan hujan tropis).

Tanaman seperti palem yucca, palem Torbay, tanaman Penawar jambe (sago Palm) dan Pisang Kipas (travelers palm) bukan bagian dari famili Arecaceae.

Baca Juga :   Obat Busuk Batang Tanaman Vanili

4. Pohon Palem Memiliki Dua Jenis Daun yang Berbeda

Jenis daun Palmate : Daun palem, seperti tangan, tumbuh berkelompok di ujung batang. Pinnate : Daun menyirip seperti bulu, tumbuh di sepanjang kedua sisi batang.

5. Banyak Bahan Pokok Berasal dari Pohon Palem

Kelapa adalah produk nyata dari pohon palem, tetapi tahukah Anda bahwa kurma, sirih dan buah acai semuanya berasal dari pohon palem juga? Minyak sawit, sesuai dengan namanya, juga berasal dari buah pohon kelapa sawit.

6. Pohon Palem Tertinggi Dapat Tumbuh Hingga 60 Meter

pohon palem tertinggi di dunia, pohon palem tertinggi di bumi, tinggi pohon palem, pohon palem tinggi

Pohon palem teringgi – via : wikimedia.org

Palem Lilin Quindio, bernama ilmiah Ceroxylon quindiuense, yang merupakan pohon Nasional Negara Kolombia, adalah spesies palem yang tumbuh paling tinggi di dunia.

7. Kelapa Maladewa Mempunyai Benih Terbesar di Bumi

Pohon Palem Coco De Mer atau Kelapa maladewa, memiliki benih terbesar dari semua tanaman di dunia.

Benihnya bisa berdiameter 50 cm dan berat 29 kg.

Baca Juga :   Cara Mencangkok untuk Bahan Bonsai

8. Pohon Palem Memiliki Sejarah Panjang Bagi Umat Manusia

Penemuan arkeologi telah menunjukkan bahwa kurma biasa digunakan di masyarakat Mesopotamia, untuk makanan dan keperluan lainnya.

Bangsa Romawi memberikan cabang palem sebagai simbol kemenangan kepada juara permainan dan bagi mereka yang menang dalam medan perang.

9. Tuak (Palm Wine)

tuak adalah, proses pembuatan tuak, proses fermentasi tuak, proses untuk mendapatkan tuak, tuak, tuak kelapa, tuak asli, fermentasi tuak, tuak wine, tuak wikipedia

Pernahkah Anda mendengar tentang palem wine? yang juga disebut “kallu”, palem wine adalah minuman beralkohol (khamar atau di Indonesia disebut tuak) yang umum di wilayah Asia dan Afrika. Itu dapat dibuat dari pohon kelapa, pohon kurma, Palem anggur Chili dan spesies lainnya.

Menurut treehugger.com, Meski banyak spesies sawit yang kokoh dan berlimpah, namun sebanyak 100 spesies terancam punah akibat deforestasi dan praktik budidaya yang tidak berkelanjutan, seperti jantung pohon palem (Heart of palm), yang berasal dari bagian pohon yang tidak dapat tumbuh kembali.

Pohon palem paling langka adalah Hyophorbe amaricaulis. Satu-satunya yang tersisa saat ini tinggal di Kebun Raya Curepipe di Negara Mauritius.

error: