Apa yang Dimaksud Sumber Daya Alam? Berikan Contohnya

Hewata.com. Sumber daya alam (SDA) adalah material dari bumi yang ada digunakan untuk memberikan dukungan kehidupan dan memenuhi keperluan manusia. Zat alami apapun yang dipakai manusia bisa diperhitungkan menjadi sumber daya alam.

Minyak, batu bara, gas alam, logam, batu dan pasir ialah sumber daya alam. Sumber daya alam yang lain ialah udara, sinar matahari, tanah dan air. Hewan, burung, ikan, tumbuhan pun merupakan sumber daya alam.

sumber daya alam adalah, pengertian sumber daya alam, jelaskan pengertian sumber daya alam, pengertian sumber daya alam adalah, sebutkan sumber daya alam, jelaskan yang dimaksud sumber daya alam, bentuk sumber daya alam, kekayaan alam, arti sumber daya alam, maksud sumber daya alam

Sumber daya alam dipakai untuk membuat makanan, bahan bakar, dan bahan mentah bahan untuk memproduksi barang. Semua makanan yang orang makan datang dari tumbuhan atau hewan. SDA seperti batubara, gas alam dan minyak, menyediakan sumber panas, cahaya, serta tenaga.

SDA sebagai bahan baku pembuatan produk yang dipakai setiap hari dari sikat gigi dan kotak makan siang sampai baju, mobil, tv, computer, dan lemari es.

Sumber Daya Terbarukan dan Tidak Terbarukan

1. Sumber Daya Alam yang Bisa Diperbarui

Sumber daya alam yang bisa diperbarui atau sumber daya alam terbarukan ialah sumber daya alam yang mencakup pohon, air, matahari (yang disebut sumber energi panas) dan angin yang bisa “diisi ulang” atau mencukupi lagi dalam tingkat yang serupa di mana mereka sudah dipakai. Meskipun bisa diperbaharui, sumber daya ini bagaimanapun juga, bisa habis bila tidak betul dikelola atau dilestarikan.

Baca Juga :   Apa yang Dimaksud Dengan Globalisasi? Jelaskan Beserta Contohnya

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

apa yang dimaksud sumber daya alam, pengertian sumber daya alam adalah, apa yang dimaksud sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, yang dimaksud sumber daya alam, sumber daya alam, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah, sumber daya alam terbagi menjadi dua yaitu

Gas dan minyak alam merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

Sumber daya tidak terbarukan atau sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui ialah sumber daya alam itu bisa habis lebih cepat dibanding yang dapat mereka regenerasikan atau diperbarui. Fosil bahan bakar seperti minyak dan gas alam tercipta lebih dari juta-an tahun. Setelah ditambang dan dipakai seluruhnya, tidak bisa diperbaharui dan sumber daya ini hilang selama-lamanya.

Tantangan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Penebangan, pengolahan dan pemakaian sumber daya alam bisa mengakibatkan permasalahan lingkungan misalnya: polusi udara, tanah dan air; gangguan atau pemusnahan ekosistem; dan pengurangan keberagaman hayati.

Misalkan, karbon dioksida – yang dibuat dari pembakaran batu bara, minyak dan gas alam (bahan bakar fosil) – sebagai gas rumah kaca yang krisis.

Gas rumah kaca mempernyerap dan meredam panas dari matahari. Contoh gas rumah kaca terhitung metana, amonia, sulfur dioksida dan hidrokarbon terklorinasi secara khusus.

Banyak ilmuwan yakin jika penimbunan gas rumah kaca di atmosfer bisa mengakibatkan peralihan cuaca global (peralihan temperatur global rata-rata atmosfer di dekat permukaan bumi).

Baca Juga :   Apa yang Dimakud Poster? Pengertian dan Jenisnya

Seiring berjalannya waktu, keadaan ini dapat memunculkan bahaya di penjuru dunia seperti banjir, kekeringan, dan penyakit. Penggalian dan pendayagunaan sumber daya alam dapat mengusik hubungan dalam ekosistem.

Apakah Ekosistem Itu?

Ekosistem, yang mencakup telaga, danau, lautan, hutan dan kebun, ialah komunitas hewan serta tumbuhan yang mengendalikan dirinya sendiri dan berhubungan satu sama lain dan lingkungan non-kehidupannya.

Misalkan, pohon yang ditebang dari ladang bisa menghancurkan habitat yang digunakan oleh kebanyakan hewan, memaksakan mereka cari rumah pada tempat lain. Bila hewan-hewan ini tinggalkan ekosistem, masalah selanjutnya bisa terjadi dalam populasi tumbuhan dan hewan yang tergantung pada spesies ini.

Pengambilan dan pendayagunaan sumber daya alam, bersama dengan kegiatan manusia yang lain – bisa menurunkan keberagaman hayati, yakni keberagaman organisme yang hidup di bumi.

Menipisnya keberagaman hayati bumi mengakibatkan kerugian yang besar bagi manusia karena spesies liar dan ekosistem alam sebagai sumber daya yang penting.

Contoh Sumber Daya Alam

Manusia dari dahulu memakai sumber daya yang berlimpah untuk tetap bertahan hidup secara terus-terusan dan dunia juga pada akhirnya berkembang. Tetapi, secara global, sebagian orang memutuskan memiliki pola hidup sederhana dibanding lainnya dan karenanya mereka memakai semakin sedikit sumber daya.

Baca Juga :   Apa yang Dimaksud Dengan Prototype?

Tabel ini memberikan beberapa sumber daya alam serta produk dan jasa yang dibuat dari SDA tersebut.

No Sumber Daya Alam Produk atau Jasa
1 Pohon Kertas, furniture (mebel), bahan bakar
2 Kapas Pakaian
3 Minyak / Minyak tanah Plastik, bahan bakar
4 Gas alam Bahan bakar
5 Batu bara Bahan bakar
6 Bijih besi Produk baja, Kaleng, Jembatan
7 Bijih bauksit Produk aluminium (kaleng, suku cadang mobil)
8 Tembaga Kawat, koin, peralatan listrik
9 Mangan Baja, besi cor
10 Kobalt Baja, suku cadang mesin jet, alat pemotong
11 Platinum Pengendalian polusi udara dan peralatan telekomunikasi, perhiasan
12 Chromium Baja tahan karat, kaca hijau, perawatan kulit
13 Berlian Perhiasan, peralatan mekanis

Pemulihan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang dipakai untuk pertamanya kali dipandang seperti sumber daya perawan, dalam ekstraksi mereka, pemrosesan dan pemakaiannya memerlukan banyak energi dan bisa memunculkan pencemaran.

Rekondisi atau pemulihan sumber daya alam adalah praktek yang melestarikan alam sumber daya dengan mengekstraksi bahan (misalkan, kertas, kaca, aluminium dan baja) dari saluran limbah dan daur ulang itu jadi bahan lain atau menggunakannya untuk mendatangkan energi.

Makin banyak beberapa perusahaan berkembang baru dan teknologi inovatif yang memakai bahan daur ulang pada pengerjaan produk mereka. Banyak pabrik baja, misalkan, memakai proses manufaktur yang memakai nyaris 100 % baja yang dipulihkan untuk bahan baku.

error: