Cara Mengolah Daging Biar Empuk dan Lembut

Hewata.com. Bagaimana cara mengolah daging biar empuk? Di saat hari Raya Idul Adha atau hari-hari raya lainnya, biasanya makanan berbahan dasar daging baik daging ayan, daging sapi, daging kambing atau daging domba menjadi menu favorit yang disajikan sebagai hidangan istimewa untuk keluarga anda tercinta. Namun, mengolah menu berbahan dasar daging ternyata sangat tidak mudah, karena jika salah mengolahnya daging bisa menjadi bau atau alot dan sulit digigit dan dikunyah.

cara merebus daging biar cepat empuk, cara masak daging biar empuk, cara merebus daging sapi biar cepat empuk, cara masak daging sapi biar empuk, cara memasak daging biar empuk, cara agar daging sapi cepat empuk,cara memasak daging sapi biar empuk, cara merebus daging agar empuk, masak daging sapi biar empuk, merebus daging agar cepat empuk, cara merebus daging sapi biar empuk, cara merebus daging sapi agar cepat empuk tanpa presto, agar daging sapi cepat empuk, rebus daging biar empuk

Daging Biar Empuk Diapain?

Untuk mendapatkan daging yang empuk biasanya daging dipotong dengan ukuran kecil-kecil dan direbus dalam waktu yang cukup lama. Namun ternyata proses tersebut dapat mengurangi kelembutan dari tekstur daging dan menjadikan daging menjadi kurang gurih.

Cara lain agar daging menjadi lebih empuk adalah dengan memotong daging melintang dari seratnya, memukul permukaan daging dengan pemukul atau palu khusus untuk daging. Adapula yang menggunakan cara agar daging lebih cepat empuk dan lezat adalah merendamnya terlebih dahulu sebelum diolah menjadi sajian lezat.

Baca Juga :   8 Jenis Kacang-Kacangan yang Mahal

Selain itu pula ada bahan-bahan perendam daging yang dipercaya dapat membuat daging menjadi lebih empuk dan lebih lezat. Apa sih bahan-bahan tersebut ? Di bawah ini diantaranya;

1. Teh

Selain enak untuk dijadikan minuman teh ternyata dapat pula menjadikan supaya daging menjadi empuk. Karena kandungan tanin yang terdapat di dalam teh menjadi salah satu bahan alami yang bisa membuat daging lebih empuk.

Untuk membuat rendaman daging yang terbuat dari teh. Caranya buatlah satu atau dua cangkir teh hitam yang pekat kemudian diamkan hingga suhu air menjadi lebih dingin. Setelah itu rendamlah daging yang hendak diolah itu kedalam air teh tersebut dan diamkan dan beberapa menit.

Setelah menunggu beberapa menit, barulah daging dapat diolah menjadi menu sajian istimewa. Air teh juga dapat digunakan untuk mengasinkan daging, sehingga daging menjadi lebih enak.

2. Minuman Soda

Jika anda sedang terburu-buru ingin mengolah daging dan hanya tersedia minuman bersoda di dalam lemari es anda, jangan ragu untuk menggunakannya sebagai bahan perendam daging agar daging dapat lebih cepat empuk. Kandungan asam yang tinggi pada minuman bersoda dipercaya dapat melembutkan otot-otot daging sehingga daging menjadi lebih empuk.

Baca Juga :   11 Jenis Ikan Asin yang Enak dan Terkenal

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan merendam daging dengan air minuman bersoda tersebut hingga 30 menit atau 24 jam sebelum dimasak.

Karena kandungan asam yang cukup tinggi, maka gunakanlah minuman bersoda yang mempunyai wadah yang terbuat dari kaca dan hindari yang mempunyai wadah seperti stainless steel, karena wadah yang terbuat dari stainless steel dapat bereaksi ketika bersinggungan dengan zat asam hingga dapat mempengaruhi rasa daging. Selain lebih empuk daging yang direndam dengan minuman bersoda akan memiliki cita rasa tersendiri.

cara masak daging biar empuk, cara merebus daging agar empuk, cara agar daging sapi cepat empuk, cara merebus daging biar empuk, cara melembutkan daging sapi, cara melembutkan daging, cara memasak daging agar empuk, cara memasak rawon agar daging empuk, masak daging supaya empuk, supaya daging cepat empuk, cara bikin daging empuk, cara membuat daging kambing empuk, cara agar daging kambing empuk

3. Jahe

Bahan rempah yang satu ini memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mengempukan daging. Di dalam jahe terdapat enzim proteolitik yang secara alami dapat memecah protein hingga menjadikan daging menjadi lebih empuk.

Baca Juga :   Macam-Macam Bakso Unik, Indonesia Punya

Caranya sebelum diolah lamuri daging dengan serutan atau parutan jahe selama beberapa menit, selain itu anda juga dapat menggunakan daun jahe dalam rebusan daging kambing agar bau yang menjadi ciri khas daging kambing menjadi hilang. Daging kambing pun akan terasa lebih nikmat.

4. Kopi

Banyak restoran ternama merendam daging dalam cairan red wine atau anggur merah, selain menjadi lebih empuk, daging juga akan memiliki cita rasa tersendiri namun anda tidak perlu khawatir karena anda juga bisa membuat daging menjadi lebih empuk dengan bahan yang tidak mahal dan mudah didapat.

Buatlah satu gelas kopi kental tanpa gula lalu dinginkan sejenak, rendamlah daging selama 24 jam hingga daging menjadi lebih empuk. Selain melembutkan tekstur daging, rasa daging yang direndam dalam cairan kopi akan memiliki rasa yang sedikit unik tidak kalah dengan daging yang direndam dalam cairan red wine.

error: