10 Tanaman Dalam Botol Kaca Bekas

Hewata.com. Tanaman dalam botol. Apakah di rumah Anda tersedia botol-botol kaca bekas, botol plastik bekas air mineral atau aqua, toples tidak terpakai atau mungkin lampu bohlam bekas? Sebaiknya Anda manfaatkan untuk menanam tanaman yang bermanfaat, baik untuk kesenangan Anda menjadikannya tanaman hias, atau untuk tanaman sayur ataupun herbal.

Tanaman Dalam Botol

Beberapa orang, kemungkinan termasuk Anda juga, yang suka dengan tanaman hias dalam botol kaca. Pasalnya, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan media tanam berupa tanah, karena ada tanaman yang bisa ditanam di media air. Jadi, Anda bisa menyiapkan botol-botol kaca bekas untuk tanaman.

Lalu tanaman apa yang tumbuh dengan baik pada botol kaca?

1. Alumunium Plant

tanaman botol, tanaman dalam botol aqua, pot tanaman dari botol bekas, tanaman dalam botol, tanaman dalam botol kaca

Alumunium Plant – via : balconygardenweb

Sama sesuai namanya, tanaman ini mempunyai seperti corak metallic silver atau semburat perak mirip alumunium yang menonjol terlihat timbul pada daunnya. Sebetulnya tanaman ini lebih cantik bila ditanamkan pada pot atau sebagai tanaman gantung.

Baca Juga :   Tanaman Hias ini Susah Dirawat oleh Pemula

2. Bayam

Anda tak perlu ke pasar atau menunggu tukang sayur lewat, bila dapat menanam sayuran sendiri di rumah. Baik itu selada, pak choy, dan bayam. Apa lagi jika Anda tidak mesti melakukan perawatan extra, cukup hanya menyediakan air sebagai media tanam.

3. Jade plant (Crassula ovata)

Tanaman ini mempunyai panggilan sebagai tanaman pembawa hoki atau tanaman uang. Karena sukulen atau tanaman berair ini dipercayai dapat mengundang hoki atau keberuntungan. Tidak begitu susah merawat tanaman ini. Namun, tanaman jade tumbuh lebih bagus pada media tanah.

4. Lemon Balm

Cukup tempatkan beberapa tangkai lemon balm yang segar ke dalam botol kaca berisi air. Tetapi sebelum daunnya tumbuh subur, simpanlah tanaman tersebut di luar (outdoor). Kemudian, Anda dapat membawa ke dalam dan biarkan menguarkan wewangian lemon dan min yang fresh. Terkadang, anda bisa juga menyeduhnya sebagai teh herbal.

Baca Juga :   Membuahkan Buah-buahan di Luar Musim

5. Paperwhite (Narcissus papyraceus)

Tanaman ini tumbuh dari umbi. Maka sesuatu yang diperlukannya yakni air. Jika ditanamkan pada tanah, tanaman ini memerlukan kerikil supaya hasilnya dapat membuat rangkaian bunga yang cantik. Saat menanamnya di air, anda sebaiknya memberikan perhatian penuh. Bila air terlalu banyak, bukan mustahil tanaman malah akan membusuk.

6. Sage

tanaman air dalam botol kaca, tanaman hias dalam botol kaca, tanaman dalam botol aqua, jenis tanaman hias dalam botol air, tanaman dalam botol, tanaman air di botol

Seperti basil, sage juga tumbuh secara mudah dalam perhitungan gampang. Anda tinggal mengontrol supaya airnya selalu bersih dan suplai cahaya matahari cukup atau terpenuhi. Masalahnya jamur cenderung gampang tumbuh bila tempat tanam tidak terurus.

7. Selasih (Ocimum basilicum)

Tanaman ini terkadang juga dikenal sebagai selasih. Anda dapat meletakkannya di jendela dapur. Udara hangat menolongnya berkembang secara baik. Demikian tumbuh sehat, anda dapat memakainya sebagai pendamping hidangan omelet atau pizza. Baca juga : Bunga yang bisa dimakan

8. Singonium (Arrowhead plant)

Nama ‘arrowhead’ diambil karena memiliki bentuk seperti panah. Tanaman ini sanggup hidup di air, karena komunitas aslinya memanglah ada di rawa atau kolam. Oleh karenanya, tanaman ini telah terbiasa dengan lokasi yang teduh dan lembap. Anda dapat menanamnya di dalam ruangan yang mempunyai penerangan sedang atau rendah, lengkap dengan kerikil, supaya akarnya menancap dengan baik. Bila merencanakan menanamnya untuk jangka panjang, anda sebaiknya memakai media tanah.

Baca Juga :   Cara Menanam Kaktus dan Sukulen

9. Tanaman Zebrakraut (Wandering Jew)

Saat menanam tanaman gantung, langkah paling mudahnya yakni dengan membiarkan tanaman tersebut mengakar pada air. Anda cukup menyiapkan steknya terbenam dalam botol air. Perlu diingat, untuk daun sebaiknya tidak ikut terbenam ke dalam air. Karena daun itu dapat membuat akar tangkai jadi membusuk. Seharusnya tentukan tempat yang terkena sinar matahari.

10. Timi (Thyme)

Anda cukup menempatkan beberapa tangkai bertunas thyme ke air. Tanaman ini bukan hanya exist sebagai penghias. Lebih dari itu, tanaman timi dapat menjadi pendamping dalam seduhan teh serta masakan. Bahkan juga anda dapat memakainya sebagai obat herbal untuk problem pencernaan dan demam.

Itulah daftar tanaman hias, sayur dan herba yang bisa Anda tanam di dalam botol. Bulatkan kemauan, mencari botol kaca bekas, sediakan, dan rawat tanaman dengan hati gembira.

error: