Jenis Tanaman Hias Adam Hawa yang Unik

Tanaman Hias Adam Hawa

Aplectrum hyemale adalah anggrek terestrial (yang hidup di tanah) yang tumbuh di hutan gugur beriklim sejuk di bagian timur Amerika Serikat. Struktur akar terdiri dari dua umbi yang dihubungkan oleh rimpang, oleh karena itu ia dinamai (Adam and eve) atau tanaman hias adam dan hawa.

tanaman hias adam hawa ungu, manfaat tanaman hias adam hawa ungu, manfaat tanaman hias adam hawa, budidaya tanaman hias adam hawa, tanaman hias adam dan hawa, jenis tanaman hias adam hawa, cara merawat tanaman hias adam hawa, tanaman hias adam hawa varigata, tanaman adam hawa, tanaman adam hawa ungu

Gambar daun adam hawa – via : wvexplorer.com

Aplectrum hyemale, biasa disebut Putty Root dan dikenal tanaman Adam dan Hawa jika di Indonesia, ditemukan di Amerika Serikat bagian timur dan Kanada dari Louisiana hingga Quebec.

Tanaman ini menghasilkan satu daun di musim gugur, yang tetap hijau sepanjang musim dingin. Tanaman berbunga di musim semi saat daun menua. Ini menghasilkan 7-15 bunga kecil dengan labellum putih-ungu. Terkadang menghasilkan 8 sampai 10 bunga kehijauan diwarnai dengan warna ungu akan tumbuh merata di bagian atas batang.

Daunnya yang hijau kokoh dan bunga yang tidak memiliki taji nektar membedakan anggrek ini dengan Tipularia discolor yang juga memiliki daun wintergreen. Mereka umumnya ditemukan dalam populasi kecil dan tersebar, seringkali di dekat tanaman sugar maple dan pohon beech.

Baca Juga :   Tanaman Bunga Kertas Zinnia

Nama umum “Putty Root” mengacu pada zat lengket yang dihasilkan dengan menghancurkan umbi bawah tanah.

Setiap pasang umbi akan menghasilkan satu anyaman, lonjong, biru-hijau, daun bergaris-garis dengan bagian bawah merah tua di pertengahan musim gugur yang akan bertahan selama musim dingin. Daun soliter akan mati kembali pada pertengahan musim semi, setelah itu batang berbunga yang tinggi akan muncul.

bunga adam hawa, tanaman adam hawa ungu, cara merawat tanaman hias adam hawa ungu, gambar tanaman adam hawa, gambar daun adam hawa, gambar bunga adam hawa, pohon adam hawa, kembang adam hawa, jenis bunga adam hawa, jenis tanaman adam hawa, khasiat tanaman adam hawa, adam hawa tanaman hias daun ungu, tanaman adam dan hawa, harga tanaman hias adam hawa

Bunga Adam Hawa

Cara Menanam Tanaman Hias Adam dan Hawa

Berasal dari habitat mesik dengan kelembaban sedang atau seimbang, Aplectrum hyemale membutuhkan lingkungan lembab yang kaya akan serasah daun yang mendapat cukup cahaya selama musim dingin atau penghujan.

Tanaman ini juga dapat ditemukan tumbuh di hutan dataran rendah di mana tanahnya tidak dikeringkan dengan baik, namun juga tidak jenuh secara konsisten. Dalam kondisi ideal, ia akan menyebar melalui rimpang membentuk koloni besar. Spesies tangguh yang menyukai cuaca dingin.

Baca Juga :   4 Jenis Tanaman Lipstik Merah yang Cantik

Seperti banyak anggrek, Aplectrum hyemale terancam punah dan dilindungi di sebagian besar wilayah asalnya, dan tidak boleh di ambil dari alam liar. Menghancurkan akar akan melepaskan zat seperti lem yang cukup kuat untuk memperbaiki tembikar, sehingga spesies ini juga dinamai putty root (akar dempul). Akarnya juga telah digunakan secara medis oleh berbagai suku asli Amerika.

Bunga anggrek ini tampaknya menawarkan sedikit hadiah untuk menarik serangga penyerbuk. Mereka kekurangan wewangian dan tidak menghasilkan nektar. Percobaan yang telah di lakukan dengan tanaman yang dikurung yang tidak memasukkan serangga, dipastikan bahwa anggrek ini mampu melakukan autogami, saat bunga matang, kolomnya membengkok dan menekan serbuk sari ke kepala putik.

Namun agar penyerbukan berhasil, tutup antera yang menutupi serbuk sari, harus dilepas untuk mengekspos serbuk sari. Serangga yang berkunjung, seperti Lasioglossum oblongum (lebah keringat), telah diamati mencabut topi ini saat mereka menjelajahi bunga. Dengan cara ini serangga, seperti lebah dan semut, secara tidak langsung dapat membantu proses penyerbukan meskipun mereka tidak benar-benar memindahkan serbuk sari ke kepala putik.

Baca Juga :   Moluccella laevis (Bells of Ireland)

Aplectrum hyemale merupakan tumbuhan klonal dan jenis sistem perkembangbiakan yang didasarkan pada penyerbukan sendiri, ini sejalan dengan keterbatasan variabilitas genetik yang telah diamati pada beberapa populasi anggrek ini.

Tanaman bunga yang termask keluarga anggrek ini dapat diperbanyak secara perlahan dengan memisahkan umbinya untuk menumbuhkan tanaman baru. Perbanyakan dengan biji sangat sulit dan jarang berhasil. Lebih menyukai tanah yang lembap sampai lempung mesik (kelembaban seimbang) dengan bahan organik yang melimpah. PH tanah dapat bervariasi dari agak asam hingga netral.

Manfaat Tanaman Hias Adam Hawa

Akar yang dilembutkan menjadi pasta dan dioleskan pada bisul atau digunakan untuk mengobati sakit kepala. Teh yang terbuat dari akarnya telah digunakan dalam pengobatan masalah pernapasan.

Konon akar tanaman adam hawa ini diberikan kepada anak-anak oleh beberapa suku Indian Amerika Utara asli untuk memberikan anak-anak dengan karunia kefasihan dan membuat mereka gemuk.

Disclaimer : Ingat selalu mencari nasihat dari seorang profesional sebelum menggunakan tanaman sebagai obat.

error: