Tanaman Hias Daun Calathea

Tanaman Hias Calathea. Sedikit yang tahu, calathea bisa dijadikan daun potong. Kebanyakan hanya dipotkan saja

hewata.com. Banyak orang mengenal tanaman calathea hanya sebagai tanaman pot. Padahal, penampilannya tidak kalah dengan daun pot lain. Sebagai daun potong calathea memiliki bentuk dan corak yang cukup artistik. Di Belanda, Calathea Roseopicta dan Calathea Picturata banyak digemari. Di Indonesia, Calathea Makoyana dan Calathea Insignis yang populer.

tanaman hias calathea makoyana, gambar bunga calathea, tanaman hias jenis calathea, kembang calathea, tanaman calathea, manfaat tanaman hias calathea, jenis tanaman hias calathea, calathea tanaman indoor

Calathea Makoyana

Eksklusif

Untuk membuat satu rangkaian dibutuhkan 15 tangkai daun potong. Calathea termasuk mahal, tapi ada yang beranggapan itu daun murahan karena sering ada di pot. Hanya beberapa orang saja yang senang rangkaian bunganya diperindah dengan calathea. Baca juga : Jenis Tanaman Hias daun dan Gambarnya

Baca Juga :   4 Jenis Tanaman Lipstik Merah yang Cantik

Prinsip penggunaan daun potong dalam rangkaian yang penting keserasiannya selain keawetannya. Pasalnya untuk rangkaian yang dipajang, tidak perlu sering memperbaharuinya lagi sebelum terjual. Minimal lima harian daun potong tidak layu. Ada yang mengatakan, calathea bisa tahan lebih dari dua minggu.

Corak khas

tanaman calathea adalah, aneka tanaman calathea, tanaman bunga calathea, tanaman calathea cynthia, fungsi tanaman calathea, gambar tanaman calathea, tanaman hias calathea, karakteristik tanaman calathea, pohon calathea

Calathea Insignis, Calathea bulu ayam bagus untuk outdoor

Calathea Insignis bentuknya unik, mirip bulu ayam. Oleh karenanya sering disebut calathea bulu ayam. Karakternya panjang.Pangkal daun lebar berbentuk bulat sampai oval. Ujung melancip. Corak daun atas bergaris membentuk susunan seperti bulu ayam. Warnanya berseling putih dan hijau, mengkilap. Tepi daun ada yang sedikit bergelombang, maupun polos. Penampang daun bawah berwarna merah tua polos. Daun calathea insignis tergolong keras, tidak mudah robek.

Baca Juga :   5 Bunga Kupu-Kupu Cantik untuk Taman

Calathea Makoyana bentuk daunnya oval, dengan garis-garis putih yang berjajar dari tulang daun sampai ke tepi. Corak penampang atas sangat jelas. Selain warna putih yang berpadu dengan hijau, penampilan Calathea Makoyana diperkuat dengan aksen cokelat di permukaannya. Bagian di bawah daun berwarna cokelat keunguan.

“Asian beauty” adalah sebutan buat Calathea Roseopicta. Jenis Calathea yang satu ini, memang pas dapat pujian cantik. Pasalnya di permukaan daun atas, tampak semburat merah keunguan. Karena berada di atas warna putih, kekontrasannya membuat ia seakan bergincu. Daun oval hampir bulat dengan ujung runcing. Di tepi daun terdapat garis hijau tua yang menambah anggun penampilannya. Calathea Rosepicta menjadi salat satu tanaman hias berdaun indah favorit di Taiwan. Rangkaian bunga potong dalam vas akan berkesan romantis dengan kehadiran Calathea Rosepicta.

Baca Juga :   14 Jenis Bambu Hias Mini Terbaik

Calathea Picturata (argantea) indah juga dirangkaikan. Coraknya menggambarkan daun di atas daun. Warna putih kehijauan berbentuk daun, berada di atas daun hijau tua. Bentuk daun oval tidak simetris. Pangkal agak bulat, ujung melancip.Semburat ‘urat’ daun terlihat tipis menghias permukaan atas.

error: