Tanaman Hias Daun Zebra yang Berbunga Kuning

hewata.com. Zebra ternyata tidak hanya ada di dunia hewan, tetapi ada juga di dunia tanaman. Tanaman hias daun zebra (Zebra Plant) tumbuh dengan baik di dalam ruangan bila diberikan perawatan dan kondisi yang benar.

Namun, tanaman ini adalah spesies yang cukup temperamental dan dapat dengan mudah kehilangan daunnya dan menjadi berbatang panjang tanpa perawatan yang tepat yang dibutuhkannya.

tanaman zebra, daun zebra, tanaman hias daun zebra

Sedangkan bunga kuning atau emas yang mekar selama kurang lebih 6 minggu sangat menarik dengan dedaunan yang belang-belang bak zebra, menjadikan tanaman hias yang bernama ilmiah Aphelandra squarrosa ini cocok sebagai tanaman hias yang bagus untuk dipajang di dalam ruangan (indoor).

Tanaman Zebra adalah tanaman yang cukup populer yang ditanam dengan dihiasi kelopak bunganya dan daun hijau tua dengan urat berwarna putih yang menonjol. Jadi jika Anda mencari tanaman berbunga atau tanaman hias daun maka tanaman hias zebra adalah tanaman untuk menghasilkan keduanya.

Bunga: Bunganya terlihat tumbuh berbentuk kerucut di ujung batang dengan bunga kecil yang tumbuh di luar batang bunga. Jumlah kepala bunga yang dihasilkan tergantung pada jumlah batang, tetapi lebih sering dua sampai empat batang.

Baca Juga :  Penyakit Busuk Akar Tanaman Anggrek

Bunga akan bertahan hingga sekitar 6 minggu dan bunga kuning kecil yang tumbuh dari bract (daun atau sisik yang dimodifikasi) bertahan selama sekitar satu minggu. Bract adalah daya tarik yang sesungguhnya daripada bunga-bunga kecil. Seorang perawat tanaman hias bisa mengharapkan bunga setelah musim panas.

Dedaunan: Seperti disebutkan di atas, aphelandra squarrosa menampilkan daun hijau gelap mengkilap yang indah dengan urat berwarna keputihan yang menonjol. Daun ini tumbuh dengan panjang sekitar 22 cm dan lebar beberapa cm di tengah daun, dan ujungnya runcing.

Cara Merawat Tanaman Hias Daun Zebra

Tempat memajang: Tempat terbaik bagi tanaman zebra untuk tumbuh dengan baik adalah di dalam konservatori atau ruang kaca lainnya karena mereka biasanya menawarkan cahaya yang lebih terang dan kemampuan untuk mengontrol kelembapan dengan lebih baik, seperti yang disukai tanaman ini.

Namun, tumbuh di ruangan yang cukup terang dengan kelembapan yang cukup tinggi dan banyak kehangatan layak di persiapkan untuk menumbuhkan spesies yang rewel ini.

Baca Juga :  Macam Bentuk dan Jenis Bunga Azalea

Temperatur yang ideal adalah 15-23 oC dan tidak lebih rendah dari 13 oC. Cahaya terang tanpa sinar matahari langsung selama lebih disukai. Sangat penting untuk menjaga tanah tetap lembab saat disentuh, dan tidak tergenang air atau terlalu kering, dianjurkan untuk menyiram dengan air yang hangat kuku. Tanah yang digunakan adalah sebagian besar campuran tanah pot atau berbasis gambut baik juga untuk digunakan.

Sebaiknya membuang bunga yang mulai terlihat layu dan mati, Pangkas juga batang dan daunnya ke bawah sehingga hanya tersisa dua baris daun yang tingginya setelah bract mulai mati. Ini dapat membantu mencegah tanaman menjadi berbatang panjang dan kehilangan daun sambil memberikan kesempatan tanaman untuk tumbuh di tahun berikutnya. Jangan lupa untuk mengambil potongan batangnya untuk Anda sebarkan menjadi tanaman baru.

You May Also Like

error: Content is protected !!