Tanaman Hias ini Susah Dirawat oleh Pemula

HEWATA.comTanaman Hias Susah Dirawat. Dikarenakan pandemi Covid-19 dan himbauan dari pemerintah mengenai aktivitas #dirumahaja, salah satu dari hal positif atas kebijakan tersebut adalah banyaknya orang-orang yang akhirnya mempunyai hobi baru, seperti hobi dalam memelihara tanaman hias.

Kegiatan memelihara tanaman hias di rumah ini telah menjadi suatu tren baru sejak 10 bulan terakhir, dan berdiam diri #dirumahaja menjadi tidak membosankan karena adanya kegiatan merawat tanaman.

Para pecinta tanaman hias yang jumlahnya terus bertambah dimasa pandemi covid-19 ini, para penjual tanaman hias pun menjadi sektor yang diuntungkan karenanya.

Banyaknya pilihan macam tanaman hias yang bervariasi untuk di dalam ruangan maupun di luar ruangan rumah serta beragam pula jenis tanamannya menjadi pilihan menarik bagi mereka para pencinta tanaman hias.

Karena banyaknya ragam dan jenis tanaman hias serta variasinya menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi mereka yang hobi merawat tanaman hias.

Namun bila Anda adalah seorang pemula dan bahkan seseorang yang baru berniat akan memelihara tanaman hias di rumah Anda, maka Anda harus benar-benar memilih tanaman hias yang akan Anda rawat nantinya.

Baca Juga :   Cara Merawat Euphorbia Milii, Supaya Daun Tidak Rontok

Bisa jadi, tanaman hias yang Anda beli nanti malah adalah tanaman hias yang sejatinya akan sulit sekali bila dipelihara oleh mereka para pemula.

Ada banyak macam dan jenis tanaman hias yang dalam perawatannya kita dituntut untuk ekstra dalam pemeliharaannya agar si tanaman hias tersebut dapat tumbuh dengan benar dan baik.

Berikut kami sajikan beberapa tanaman hias yang mesti dihindari oleh para pemula pecinta tanaman hias karena ekstra dalam perawatannya. Checkout!

1. Alocasia atau Kuping Gajah

Tanaman Hias Alocasia Polly atau Kuping Gajah via plantshopseattle.com
Tanaman hias Alocasia ini harus ditanam di tanah yang tidak terlalu basah alias di tanah lembap. Oleh karenanya, Anda diharuskan untuk memastikan sebelumnya tanah yang akan dijadikan tumpuan si Kuping Gajiah ini tidak terlalu kering maupun basah.

Bila dalam merawat tanaman hias Alocasia, maka syarat kepenuhan airnya haruslah seimbang, tidak lebih dan tidak juga kurang karena akan berdampak pada kualitas tanahnya.

Dan jika kepenuhan airnya seimbang pas, maka akan menghasilkan daun yang berwarna-warni dan jadi kepuasan tersendiri bagi penanam dan penikmatnya.

Baca Juga :   Sirih Merah, Tanaman Hias yang Merambat

2. Aphelandra Squarrosa

Tanaman Hias Aphelandra Squarrosa atau Zebra Plants

via johnstowngardencentre.ie

Aphelandra Squarrosa atau Zebra Plants adalah tanaman tropis yang masuk dalam kategori jenis tanaman yang sulit dirawat oleh para pemula.

Tanaman hias ini harus ditempatkan di area lingkungan yang hangat dan juga lembab, seperti di daerah tropis asalnya Aphelandra Squarrosa, yaitu di Brazil.

Tanaman hias ini bisa tumbuh dengan subur di dalam atau luar area rumah mana pun, selama penyiraman dan kebutuhan cahayanya terpenuhi. Walau memang area lingkungan yang paling tepat bagi kita untuk menyimpan tanaman hias ini bagusnya adalah di rumah kaca.

3. Pakis

Tanaman Hias Pakis via imgix.net
Tanaman hias yang satu ini sangat menyukai area yang lembap dan juga perlu bagi kita untuk selalu menyiramnya secara teratur agar dapat memastikan akar-akarnya si Pakis ini tidak mengering.

Cahaya yang sedikit dan atau lebih rendah sangat disukai oleh tanaman hias yang satu ini. Maka unsur pencahayaan adalah hal yang harus selalu kita perhatikan dalam merawat tanaman hias Pakis.

Tempat peletakkan dan pengaturan cahaya yang tidak terlalu teduh dan jangan pula sampai terlalu terang adalah kunci sukses dalam merawat tanaman hias Pakis.

Baca Juga :   Cara Budidaya Tembakau Virginia yang Baik

4. Tradescantia Zebrina

Tanaman Hias Tradescantia Zebrina

via etsy.com

Tradescantia Zebrina dikenal sebagai tanaman hias yang indah karena daunnya selalu enak jika dipandang dan bentuknya menyerupai bunga. Serat warna hijau dan ungu menjadi warna warni cantik yang dimiliki tanaman hias Tradescantia Zebrina.

Tapi daun yang berwarna warni nan cantik inilah yang menjadi salah satu alasannya tanaman hias ini tidak untuk dirawat para pemula karena dibutuhkan perawatan yang ekstra dalam perawatannya.

Dalam pertumbuhannya, yang harus kita lakukan pada tanaman hias yang susah dirawat satu ini adalah Anda harus secara teratur dalam memotong tunas baru agar membuat tanaman hias ini tetap tumbuh dengan baik dan sehat.

Daun dari tanaman hias Tradescantia Zebrina ini pertumbuhannya sangat cepat, hingga akhirnya daun-daun yang baru itu akan menumpuk satu sama lainnya. Dikarenakan daunnya yang tumbuh dengan cepat itulah, kita harus teratur dalam mengelola daun si tanaman hias ini dengan cara memotongnya.

Itulah beberapa tanaman hias yang perawatannya tidak direkomendasikan dilakukan oleh mereka para pemula pecinta tanaman hias. Semoga bermanfaat!

error: