8 TANAMAN SEHAT DALAM RUMAH

hewata.com. Tanaman sehat dalam rumah. Bagi sebagian orang yang ingin memiliki tanaman hias mereka pasti memikirkan segi estetiknya terlebih dahulu. Bagaimana bentuknya, warnanya, polanya, ukurannya. Mereka akan memutuskan untuk menanam yang paling indah. Dan tak sedikit yang menanam hanya karena tren belaka.

Tanaman-tanaman berikut selain indah untuk dijadikan hiasan, mereka juga memberi kita manfaat kesehatan yang akan meningkatkan kebugaran.

1. Lili Paris (Spider Plant)

tanaman lili paris adalah, tanaman lili paris wikipedia, pengertian tanaman lili paris, manfaat tanaman lili paris bagi kesehatan, tanaman bunga lili paris, manfaat tanaman lili paris, ciri tanaman lili paris, contoh tanaman lili paris, cara merawat tanaman lili paris, cara menanam tanaman lili paris, gambar tanaman lili paris, fungsi tanaman lili paris, gambar tanaman hias lili paris, harga tanaman lili paris, gambar bunga lili paris, klasifikasi tanaman lili paris, nama latin tanaman lili paris, media tanaman lili paris, perawatan tanaman lili paris, tentang tanaman lili paris
Ia dapat tumbuh baik di segala kondisi dan semua jenis tanah, dalam perawatannya juga sangat mudah. Kita tidak perlu sering-sering menyiramnya, hanya pastikan bahwa tanahnya lembap. Dan akan tetap cantik ditempatkan yang minim cahaya sekalipun, juga karena memang mereka sebaiknya tidak ditempatkan dibawah sinar matahari langsung.

Tanaman yang memiliki nama latin Chlorophytum Comosum ini punya manfaat yang terbilang penting, karena mereka dapat membersihkan udara dari karbon monoksida, racun, dan menghilangkan formaldehida dari udara. Yaitu zat/kandungan yang sering digunakan untuk desinfektan juga sebagai bahan pengawet. Mereka juga terdapat pada barang-barang yang sering kita gunakan seperti tisu, kertas, kantong plastik, dan lain-lain.

2. Lidah Buaya (Aloe Vera)

lidah buaya manfaatnya, lidah buaya adalah, lidah buaya aloe vera, lidah buaya apa manfaatnya, lidah buaya berguna untuk, lidah buaya bermanfaat untuk, lidah buaya berkhasiat untuk, lidah buaya gambar, lidah buaya harga, lidah buaya nama ilmiah, info lidah buaya, lidah buaya nama latin dan manfaat, cara merawat lidah buaya, manfaat lidah buaya untuk kesehatan, gambar lidah buaya, lidah buaya fungsi, lidah buaya foto, lidah buaya gunanya untuk apa, lidah buaya hias, lidah buaya kaktus
Mungkin kalian gak aneh sama tanaman yang satu ini karena kemarin-kemarin mereka hype banget, banyak dijadikan salah satu bahan untuk skin care. Dari mulai lip balm, aloe vera gel, hand body, dan masih banyak lagi. Banyak klaim yang mereka cantumkan dalam label.

Baca Juga :   Tanaman Pembersih Udara, Rekomendasi NASA

Meski belum ada bukti kuat yang dapat membenarkan klaim mereka, lidah buaya memang sudah dari dulu dipakai untuk menenangkan kulit yang iritasi. Daging lidah buaya bermanfaat untuk mengobati iritasi, luka bakar, kulit yang terbakar sinar matahari, radang, untuk melembapkan.

Mereka mudah untuk dirawat, dan tidak perlu perawatan khusus. Jangan terlalu sering menyiramnya, dan jika disiram jangan sampai tanah lembap karena mereka tidak terlalu menyukai tanah yang terlalu lembap. Simpan pada tempat yang terkena matahari pagi jangan sampai terjemur terlalu lama, tidak terlalu baik untuk pertumbuhannya.

3. Lavender

tanaman lavender pengusir nyamuk, tanaman lavender indoor, tanaman lavender adalah, bentuk tanaman lavender, tanaman lavender cara merawat, tanaman lavender cara menanam, contoh tanaman lavender, tanaman lavender dan manfaatnya, tanaman lavender dalam pot, tanaman lavender dan khasiatnya, fungsi tanaman lavender, foto tanaman lavender, gambar tanaman lavender, tanaman hias lavender, tanaman lavender manfaatnya, manfaat tanaman lavender untuk obat, tanaman lavender dalam ruangan, tanaman lavender ungu, tanaman lavender untuk, tanaman lavender wangi
Banyak orang menyukai aromanya bunga ini karena bunga lavender memiliki aroma yang lembut dan menenangkan. Lavender banyak dijadikan bahan untuk produk wangi-wangian seperti parfum, sabun, sampo, lilin, sampai skin care.

Menanamnya dirumah, selain untuk memperindah ruangan, aroma yang dihasilkan oleh bunganya dapat membantu kita menghilangkan stres, meredakan kegelisahan, kegugupan, dan akan menenangkan. Apalagi jika kita menyimpannya di kamar, akan membuat kita mengatasi insomnia dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

Perawatannya termasuk mudah, tidak perlu perlakuan khusus. Mereka menyukai sinar matahari, jadi simpanlah di tempat yang terkena sinar matahari. Untuk penyiramannya jangan dilakukan terlalu sering, siramlah jika tanah terasa hampir kering.

4. English Ivy

manfaat tanaman english ivy, harga tanaman english ivy, perawatan tanaman english ivy, gambar tanaman english ivy, cara tanam english ivy, cara memperbanyak tanaman english ivy, pohon english ivy, tanaman hias english ivy, tanaman happy ivy, jual tanaman english ivy, cara merawat tanaman english ivy, tanaman ivy inggris, tanaman hias yang memiliki manfaat sebagai penyerap racun adalah, tanaman hias yang memiliki manfaat sebagai penyerap racun seperti nikotin yaitu, tanaman hias yang memiliki khasiat mencegah diabetes, tanaman hias yang memiliki banyak manfaat, tanaman hias yang banyak manfaatnya, tanaman hias yang bermanfaat untuk kesehatan, tanaman hias yang berkhasiat, tanaman hias yg bermanfaat untuk kesehatan
Bayangkan jika banyak partikel jamur banyak terdapat di rumah dan terhirup oleh kita, itu adalah hal yang mengerikan bukan? Tenang, ada solusi untuk mengatasinya. Yaitu dengan menanam English Ivy permasalahan itu tidak akan mengkhawatirkan lagi.

Baca Juga :   25 Jenis Keladi Putih Paling Memesona

Tanaman bernama latin “Hedera Helix” ini memang sekilas hanya tanaman biasa, namun manfaatnya luar biasa. Mereka dapat memurnikan udara dari partikel jamur yang dapat mengakibatkan alergi itu hingga 94%. Bagi kalian yang menderita kesulitan bernapas, tanaman ini akan membantu mempermudah pernapasan dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Perlu di garis bawahi tanaman ini beracun, gunakan pot yang digantung agar tidak mudah dijangkau oleh anak-anak dan hewan peliharaan. Mereka tumbuh baik meski di ruangan yang minim cahaya, dan lebih baik jangan terkena sinar matahari langsung. Tanahnya harus dijaga agar tetap lembap.

5. Lidah Mertua (Snake Plant)

tanaman lidah mertua di dalam rumah, tanaman lidah mertua dapat menyerap, tanaman lidah mertua adalah, tanaman lidah mertua berfungsi untuk, tentang tanaman lidah mertua, pengertian tanaman lidah mertua, contoh tanaman lidah mertua, ciri tanaman lidah mertua, cara merawat tanaman lidah mertua, tanaman lidah mertua dan manfaatnya, tanaman lidah mertua dapat dimanfaatkan sebagai, tumbuhan lidah mertua, gambar tanaman lidah mertua, gambar tanaman lidah mertua dan manfaatnya, tanaman hias lidah mertua, tanaman lidah mertua jika ditempatkan dalam ruangan dapat memberikan efek, tanaman lidah mertua dan khasiatnya, manfaat tanaman lidah mertua untuk kesehatan, manfaat tanaman lidah mertua bagi kesehatan, jenis tanaman lidah mertua dan manfaatnya
Tanaman ini memiliki manfaat yaitu dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Pada malam hari mereka mengubah karbondioksida menjadi oksigen, dan juga menghisap racun-racun yang ada di udara.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kita membutuhkan 6-8 tanaman lidah mertua. Mereka termasuk tanaman yang paling mudah untuk dirawat. Simpan di ruangan yang terkena sinar matahari tidak langsung. Juga tidak perlu sering-sering menyiramnya.

6. Rosemari (Rosemary)

tanaman rosemary manfaat, tanaman rosemary dalam pot, tanaman rosemary adalah, tanaman rosemary untuk apa, gambar tanaman rosemary, tanaman rosemary dan manfaatnya, merawat tanaman rosemary dalam pot, fungsi tanaman rosemary, manfaat tanaman hias rosemary, harga tanaman rosemary, cara merawat tanaman hias rosemary, tanaman rosemary indoor, tanaman rosemary khasiat, klasifikasi tanaman rosemary, karakteristik tanaman rosemary, kandungan tanaman rosemary, tanaman rosemary nama lain, merawat tanaman rosemary, perawatan tanaman rosemary, tentang tanaman rosemary
Dari jaman dahulu tanaman ini sudah terkenal dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Ternyata manfaatnya itu bukan hanya “katanya” saja, karena memang sudah ada penelitian bahwa orang yang menghirup aroma minyak esensial rosemary memiliki kinerja yang baik daripada yang tidak. Kandungan Asetilkolin (yaitu senyawa yang disebut 1,8-cineole yang dapat meningkatkan neurotransmitter) yang terkandung dalam rosemary bermanfaat meningkatkan daya ingat.

Selain bermanfaat kita juga bisa mengambil sisi estetiknya, yaitu dengan menanam di rumah. Simpan ditempat yang terkena cahaya matahari, siram secara teratur tapi jangan berlebihan. Dan jangan lupa memangkasnya setelah berbunga.

Baca Juga :   10 Tanaman Bunga Bromelia yang Cantik

7. Lili Perdamaian (Peace Lily)

lili perdamaian varigata, lili perdamaian harga, lili perdamaian tumbuhan, manfaat lili perdamaian, morfologi lili perdamaian, merawat lili perdamaian, klasifikasi lili perdamaian, pohon lili perdamaian, tanaman lili perdamaian, bunga lili perdamaian, budidaya lili perdamaian, deskripsi lili perdamaian, jual lili perdamaian, cara merawat lili perdamaian, gambar bunga lili perdamaian, bahaya bunga lili perdamaian, ciri ciri lili perdamaian, menanam lili perdamaian, perawatan lili perdamaian, tanaman hias yang berguna bagi kesehatan
Selain bisa menikmati keindahannya, apalagi jika bunganya sudah mekar. Mereka juga memiliki manfaat penting yaitu dapat menghilangkan polutan di udara seperti amonia, benzena, xilena, formaldehida, dan trikloroetilen dengan cara menyerapnya. Mereka adalah tanaman berbunga, jadi akan menghasilkan serbuk sari, jadi pastikan kita tidak alergi serbuk sari.

Simpan di ruang tamu maupun ruang keluarga, atau ruangan yang sinar matahari dapat masuk. Mereka dapat tumbuh dengan baik meski di tempat minim cahaya. Siram seperlunya, dan jaga agar tanah tetap lembap.

8. Pakis Boston (Boston Fern)

pakis boston gantung, pakis boston manfaat, pakis boston fern, pakis boston wikipedia, pakis boston perawatan, pakis boston adalah, bunga pakis boston, ciri pakis boston, contoh pakis boston, perawatan pakis boston, tanaman pakis boston, jual pakis boston, klasifikasi pakis boston, merawat pakis boston, tumbuhan pakis boston, tanaman hias pakis boston, tanaman hias yang bermanfaat bagi kesehatan, tanaman hias yang bermanfaat untuk obat, tanaman hias yang bermanfaat, jenis tanaman hias yang bermanfaat untuk kesehatan
Jika kalian tinggal di lingkungan yang cenderung kering/jika rumah kita ber-AC, kelembapan pasti salah satu masalahnya. Tanaman ini dikenal sebagai pelembab alami. Meskipun tidak akan secara langsung terasa pada kulit seperti kita memakai pelembab, namun dampak pada udara sekitar tidak akan terlalu kering. Selain itu mereka juga dapat memurnikan dan menyerap racun yang ada di udara.

Tanaman ini akan bekerja saat disimpan di ruangan ber-AC/ruangan dengan tingkat kelembapan yang buruk. Simpan di ruangan yang terkena cahaya matahari. Tidak perlu sering disiram,namun jaga agar tanahnya tetap lembap,

Banyak orang jarang mempertimbangkan segi kesehatan. Apalagi lingkungan juga mempengaruhi kesehatan kita. Tanaman hias di atas tidak hanya sekedar memperindah lingkungan juga memiliki manfaat yang berdampak baik bagi kesehatan untuk jangka panjang.

error: