8 Fakta Tentang Gunung Rinjani

Posted on

Hewata.com. Tentang Gunung Rinjani. Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa sangat mempengaruhi keadaan alamnya. Terlebih Indonesia beriklim tropis, banyak flora dan fauna yang singgah di sini hasil dari perpaduan flora fauna tipe Asia dan tipe Australia.

tentang gunung rinjani, gunung rinjani meletus, pendakian gunung rinjani, puncak gunung rinjani, gunung rinjani lombok, dimana gunung rinjani, gunung rinjani hd, gunung rinjani berapa mdpl, g rinjani, deskripsi gunung rinjani, alamat gunung rinjani, naik gunung rinjani, keistimewaan gunung rinjani

Tentang Gunung Rinjani

Indonesia sangat terkenal dengan keindahan alamnya baik pegunungan maupun laut yang indah nan mempesona. Dari Sabang hingga Merauke, dipenuhi kekayaan alam yang berbeda dan unik. Salah satunya ialah Gunung Rinjani yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Di gunung yang terkenal sebagai gunung romantis ini pula, terdapat sabana yang terhampar luas di kaki gunung. Gunung Rinjani pula memiliki beberapa danau kawah, dan yang paling terkenal ialah Sagara Anak. Namun, taukah Anda ada beberapa fakta terselubung di balik Gunung Rinjani?

1. Goa Susu dan Pemandian Air Panas

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung yang memiliki goa. Goa yang sangat indah ialah goa susu. Dikatakan demikian karena stalaktitnya yang putih bagai susu. Di dekat goa susu pula terdapat kolam air panas. Lokasi goa susu ini dapat dicapai dengan berjalan kaki dari danau sagara anak selama 45-60 menit.

Baca Juga :   4 Fungsi Batu Kerikil di Rel Kereta

Goa ini terlihat gagah dengan pesonanya. Di goa susu ada beberapa level kolam air panas yang memiliki suhu yang berbeda. Kolam air panas dianggap ampuh oleh masyarakat setempat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit, asma maupun penyakit dalam.

2. Tempat Paling Romantis

Puncak Gunung Rinjani dikatakan ialah tempat yang sangat romantis. Dikatakan demikian karena suasana saat matahari terbenam atau sunset terlihat sangat cantik. Ketika Anda menginjakkan kaki di saat itu. Mata Anda akan dimanjakan oleh kepulan awan putih yang menyelimuti puncak disertai sinaran jingga matahari sore.

Semilir anginpun melengkapi suasana. Sejenak, Anda akan merasa tenang dan takjub akan keindahan alam ciptaan Tuhan.

3. Pemandangan Danau Sagara Anak

Danau yang menjadi keajaiban di Gunung Rinjani ini kerap dikunjungi oleh para pendaki. Mereka sering memanfaatkan air di sini untuk membersihkan diri maupun mencuci muka. Para pendaki pula senang mendirikan tenda di tepian danau sagara anak. Bahkan, keindahan danau ini sempat diabadikan di mata uang sepuluh ribu pada tahun 1998.

Baca Juga :   Gerakan Manipulatif, Pengertian dan Contohnya

4. Meraih berbagai Penghargaan

Karena pesona dan keindahannya, Gunung Rinjani kerap menyabet berbagai penghargaan seperti World Legacy Award untuk kategori Destination, Stewardshipdari Conservation International dan National Geographic Traveler pada tahun 2004.

Selain itu pula termasuk dalam tiga besar Tourism for Tommorow Award kategori Destination Award dari World Travel & Tourism Council pada tahun 2005, serta finalis Tourism for Tomorrow Award pada tahun 2007. Para penghargaan ini sangat pantas untuk di nobatkan pada Gunung Rinjani.

5. Satu Gunung, 3 Puncak Terlampaui

Ketika Anda mencapai puncak Gunung Rinjani, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan tiga gunung hebat di Indonesia yaitu Gunung Batur, Gunung Agung, dan Gunung Tambora.

Disini pula Anda dapat melihat kumpulan awan putih yang bergerak dibawa angin, membentuk bagai gulungan ombak di pantai. Terlebih Anda akan seolah lebih dekat dengan langit karena puncak Gunung Rinjani mencapai 3.726 mdpl.

Baca Juga :   Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

6. Menyimpan Bunga Edelweis

Dikatakan di Gunung Rinjani ialah satu-satunya gunung yang menjadi habitat bunga edelweis. Bunga edelweis dikatakan tidak dapat rontok sehingga disebut sebagai bunga abadi.

Bunga edelweis tumbuh subur di Gunung Rinjani. Terkadang, para pendaki suka jahil mengambil bunga edelweis untuk dibawa pulang kerumah. Namun hal ini justru merusak ekosistem yang ada.

7. Tempat Sakral

Selain terkenal dengan keindahannya, Gunung Rinjani pula dianggap sebagai tempat sakral oleh suku Sasak. Sehingga para penduduk membangun rumah dengan menghadap ke arah gunung ini.

8. Gunung Rinjani Meletus Sebanyak 10 Kali

Meskipun kita lihat gunung ini begitu indah nan menakjubkan, namun ternyata gunung ini sering mengeluarkan lava yang terkandung di dalamnya. Gunung ini meletus pada tahun 1846, 1884, 1901, 1906, 1909, 1915, 1944, 1994, 2004, dan 2009. Letusan yang paling dahsyat tercatat pada tahun 1944, efeknya banyak gunung kecil yang terbentuk di kaki Gunung Batujari.

Itulah 8 fakta yang tersimpan di balik keindahan Gunung Rinjani. Bagi kalian yang ingin berlibur dan menyukai suasana pegunungan, kalian wajib taklukan gunung ini. Mendaki di Gunung Rinjani akan menjadi kenangan terindah bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *