12 Tanaman Tillandsia Paling Cantik dan Unik

Hewata.com. Nama Tanaman tillandsia berasal dari nama seorang dokter di Finlandia, Elias Tilland, yang banyak memperhatikan jenis-jenis tanaman ini. Bentuk tanaman seaneh namanya.

Ada yang seperti kumpulan benang kusut terjurai ke bawah menyerupai jenggot. Ada lagi yang seperti jarum atau daun cemara. Bahkan ada pula yang di pangkalnya gembung seperti berumbi, dengan daun seperti bawang melengkung.

Tanaman Tillandsia

Tanaman dari famili Bromeliaceae (nanas-nanasan) ini hidup sebagai epifit (menempel pada tanaman lain). Aslinya dari Amerika Latin dan beberapa daerah bagian selatan Amerika Serikat.

Di sana mereka terlihat tumbuh menghadap sinar matahari, menempel pada berbagai jenis kaktus, semak belukar beduri atau pepohonan, permukaan baru karang dan tebing-tebing. Ada pula yang tumbuh di atas tanah yang berkerikil atau berpasir.

Tillandsia tanaman udara (air plant) sejati, artinya air dan hara diperoleh melalui udara, dengan kata lain adalah tanaman hias yang dapat hidup tanpa media tanam seperti tanah. Ini semua mungkin terjadi karena adanya trachoma, yaitu bulu-bulu halus yang menutupi seluruh permukaan tubuhnya. Melalui trachoma itulah air dan hara dari udara diserap.

Baca Juga :   Mengenal Bunga Alokasia si “Elephant Ear”

Berikut ini beberapa jenis-jenis tillandsia yang ada di Indonesia:

1. Tillandsia Bulbosa

jenis tillandsia, jenis bunga tillandsia, jenis tanaman tillandsia, jenis jenis tillandsia, jenis tanaman hias tillandsia

Tillandsia Bulbosa

Tillandsia Bulbosa adalah spesies khas dalam Keluarga Tillandsia. Tanaman ini hampir tidak terlihat seperti spesies tanaman air plant lainnya. Dengan daun sempit yang indah, sebagian besar berwarna hijau keriting.

2. Tillandsia Butzii

tanaman hias tillandsia, jenis tanaman tillandsia, cara merawat tanaman tillandsia, cara menanam tillandsia, tillandsia jenggot musa, perawatan tillandsia, jenis jenis tillandsia, tanaman airplant

Tillandsia Butzii – via : pinterest.com

Tillandsia butzii ini terkenal dengan julukan “strangest looking tillandsia”. Sesuai dengan julukannya, memang begitulah kesan yang akan muncul pada orang yang pertama kali melihat tanaman ini. Pangkalnya mengembung dengan bintik-bintik cokelat dan hijau, dilanjutkan dengan helai daun yang bulat, yang runcing ujungnya dan meliuk-liuk.

3. Tillandsia Cacticola

tanaman tillandsia, tanaman airplant, jenis tillandsia, tanaman hias tillandsia, cara merawat tillandsia, jenis tanaman tillandsia, tillandsia jenggot musa, cara menanam tillandsia, cara merawat tanaman tillandsia, jenis jenis tillandsia, tillandsia termahal

Tillandsia Cacticola – via : blogspot.com

Tanaman dari daerah kering baigan utara Peru ini ditemukan di semak-semak kaktus dan pohon akasia. Sosoknya berupa tanaman yang tak bertangkai, dengan helai daun yang berbentuk segitiga yang sempit. Ia membentuk roset yang menyebar. Seperti saudaranya yang lain, ia pun tumbuh meliuk ujung daunnya.

4. Tillandsia Usneoides

jenis bunga tillandsia, jenis tanaman tillandsia, jenis jenis tillandsia, macam macam tanaman tillandsia, air plant adalah, perawatan tillandsia

Tillandsia Usneoides

Di Indonesia jenis inilah yang paling banyak dikoleksi. Bagi orang awam, tanaman ini memang terlihat aneh. Bentuknya seperti benang panjang yang tumbuh menjuntai, menyerupai jenggot. Karena itu tak heran bila ia dijuluki “si jenggot hantu”.

5. Tillandsia Streptocarpa

tanaman airplant, jenis tillandsia, tanaman hias tillandsia, cara merawat tillandsia, jenis tanaman tillandsia, tillandsia jenggot musa, cara menanam tillandsia, cara merawat tanaman tillandsia, jenis jenis tillandsia, tillandsia termahal

Tillandsia Streptocarpa

Yang ini pun aneh. Daunnya yang berbentuk segitiga linear dan tipis, kalau masih muda tumbuh tegak, tapi yang sudah tua membentang, dengan ujung yang melengkung ke belakang. Sepintas seperti berwarna putih, tapi sebenarnya warna putih ini gara-gara trachoma yang menutup seluruh tubuhnya. Bunganya cantik dengan warna biru keunguan, harum dan bisa bertahan sampai 1 bulan.

Baca Juga :   4 Jenis Tanaman Lipstik Merah yang Cantik

6. Tillandsia Juncea

tanaman tillandsia, harga tanaman tillandsia, tanaman airplant, jenis tillandsia, tanaman hias tillandsia, cara merawat tillandsia, jenis tanaman tillandsia, tillandsia jenggot musa, cara menanam tillandsia, cara merawat tanaman tillandsia, jenis jenis tillandsia, tillandsia termahal

Tillandsia Juncea

Jenis ini termasuk yang banyak digandrungi orang, sampai hampir selalu menjadi koleksi penggemar tillandsia, karena manis dipandang, mudah didapat, dan tahan ditaruh di luar rumah. Daunnya kecil-kecil seperti lidi. Warna kombinasi hijau terang, kuning kehijauan, dan jingga. Yang unik ialah, ia tak bertangkai, jadi sepertinya langsung duduk di  media tempatnya menempel.

7. Tillandsia Filifolia

tanaman tillandsia, jenis tanaman tillandsia, cara merawat tanaman tillandsia, cara menanam tillandsia, tillandsia jenggot musa, perawatan tillandsia, jenis jenis tillandsia, tanaman airplant

Tillandsia Filifolia

Bila dilihat dari atas, jenis ini sekilas seperti bantalan yang penuh dengan jarum. Sosoknya tidak bertangkai. Yang Nampak cuma daun melulu yang tahu-tahu muncul dengan bentuk seperti jarum dan tersusun berbentuk roset. Helai daunnya berwarna hijau pakis, dengan pelepah violet yang tampak kabur, karena adanya trachoma yang tersebar merata.

8. Tillandsia ionantha

tanaman airplant, jenis tillandsia, tanaman hias tillandsia, cara merawat tillandsia, jenis tanaman tillandsia, tillandsia jenggot musa, cara menanam tillandsia, cara merawat tanaman tillandsia, jenis jenis tillandsia, tillandsia termahal

Tillandsia ionantha – via : shopee.co.id

Jenis Ionantha, secara umum, adalah salah satu spesies yang paling umum dalam keluarga epifit Tillandsia. Karena bentuknya yang kecil dan kompak, sangat mudah digunakan dalam rangkaian bunga dan karangan bunga. Selain itu, merah Ionantha sangat dekoratif dan indah untuk dikombinasikan dan digunakan untuk tujuan dekorasi.

9. Tillandsia xerographica

tanaman tillandsia, tanaman airplant, tanaman hias tillandsia, jenis jenis tillandsia, tillandsia termahal, air plant adalah, perawatan tillandsia

Tillandsia xerographica

Berwarna hijau muda keperakan, Xerographica adalah salah satu varietas tillandsia yang lebih langka. Daunnya yang tebal dan lebar membentuk roset ikal yang rapat dengan pertumbuhan baru yang tipis dan runcing yang tumbuh dari tengah menambahkan kontras yang indah.

Baca Juga :   10 Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat

10. Tillandsia Stricta

tillandsia, tillandsias

Tillandsia Stricta – via : shopify.com

Tanaman ini berasal dari Brasil dan Venezuela di mana ia tumbuh di bukit pasir di bawah pohon, menerima dengan sangat baik cahaya langsung dan efek iklim yang berbeda dengan daerah asalnya. Keunikannya adalah mekar beberapa kali dalam setahun dan tumbuh dengan cepat dan gemuk. Ideal untuk pecinta tanaman hias pemula.

Dengan mekar merah muda dan putih yang indah, Tillandsia stricta adalah tanaman udara yang sangat diinginkan untuk kolektor baru atau lama. Jenis tanaman udara ini sebagian besar berwarna hijau dan perak, tumbuh hingga lebih dari 6-8 inci.

11. Tillandsia Streptophylla

tillandsia, tillandsias, jenis tillandsia, tillandsia air plant, tillandsia adalah, tillandsia termahal, tillandsia plant

Tillandsia Streptophylla

Streptophylla Air Plants adalah tillandsia keriting, tidak beraturan dengan daun tebal berwarna hijau pastel. Ujung daun cenderung melengkung di bawah pangkal tanaman. Beberapa berkomentar bahwa Streptophylla terlihat seperti xerographica yang sangat kecil. Ini saat ini tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas.

12. Tillandsia Tricolor

tillandsia tricolor, tillandsia fasciculata tricolor, tillandsia tricolor moonlight, tillandsia tricolor v. melanocrater, tillandsia tricolor care, tillandsia tricolor melanocrater, tillandsia tricolor cuidados, tillandsia tricolor melanocrater care, tillandsia tricolor flower

Tillandsia Tricolor – via : stroy-podskazka.ru

Tillandsia tricolor berasal dari Amerika Tengah (Kosta Rika, Panama, Guatemala, Nikaragua, Honduras) dan Meksiko (Veracruz, Oaxaca, Chiapas). Tumbuh tergantung di cabang-cabang pohon pada ketinggian mulai dari 500 hingga lebih dari 2300 meter.

Tillandsia tricolor membutuhkan cahaya yang baik dan mentolerir sinar matahari penuh (hindari sore hari di musim panas jika tanaman masih muda). Berhati-hatilah di musim hujan untuk menghindari risiko pembusukan.

error: